Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Hero Siap Tambah Tiga Giant Ekstra di Luar Jawa

PT Hero Supermarket Tbk., pengelola ritel Giant Ekstra (hipermarket) menyampaikan siap menambah tiga gerai baru tahun ini yang berlokasi di luar Jawa.
Gerai Hero Supermarket/JIBI
Gerai Hero Supermarket/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hero Supermarket Tbk, pengelola ritel Giant Ekstra (hipermarket) menyampaikan siap menambah tiga gerai baru tahun ini yang berlokasi di luar Jawa.

General Manajer Tanggung Jawab Sosial dan Komunikasi Perusaahaan PT Hero Supermarket Tbk. Natalia Lusnita mengatakan dalam pipeline ekspansi tahun ini, khusus untuk Giant Ekstra (hipermarket), perseroan membidik tiga gerai baru.

Adapun lokasinya di Manado, Lombok dan Palembang. Untuk dana investasinya, akan berasal dari hasil penjualan gerai Starmart (convenience store) sebanyak 49 gerai kepada PT Fajar Mitra Indah (pengelola Family Mart) dari total gerai yang dimiliki 83 gerai.

Namun sayangnya, ia enggan merinci nilai transaksi tersebut untuk digunakan sebagai pembukaan gerai Giant Ekstra.

"Tahun ini, dalam pipeline kami akan buka dua gerai Giant Ekstra di Lombok dan Manado. Akhir bulan ini kami sudah buka gerai ke 3 yang berlokasi di kota Plaju, Palembang.

Fokus kami tahun ini ingin perbesar gerai berformat hipermarket, untuk yang supermarket mungkin baru tahun depan," kata dia, kepada Bisnis.com, Kamis (3/3).
Menurutnya, penambahan gerai tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Alasannya dikarenakan perseroan lebih berhati-hati dalam menentukan kualitas lokasi haruslah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan.

"Tahun lalu tetap ada ekspansi meski sedikit dari jumlah yang sekarang. Dibilang kami melambat mungkin, tapi tidak berhenti ekspansi karena kami ingin memastikan ekspansi kami berkualitas."

Natalia melanjutkan, perseroan akan terus menyasar berbagai daerah di luar Jawa, dimana yang masih minim gerai Hero atau Giant, serta yang sama sekali belum memiliki salah satunya.

"Pada dasarnya kami ingin lebih dapat dijangkau oleh seluruh konsumen. Kami sudah cukup lama ekspansi ke luar Jawa, salah satu gerai kami bahkan ada yang berada di Timika, Papua."

Per tahun lalu, perseroan mengoperasikan 610 gerai yang terdiri dari Giant Ekstra (hipermarket) sebanyak 53 gerai, Giant Ekspres (supermarket) 119 gerai, Guardian (kecantikan dan kesehatan) 318 gerai, Hero Supermarket 35 gerai, dan IKEA satu gerai.

Hingga saat ini, dari seluruh lini bisnis perseroan, lini Giant merupakan penyumbang utama dari perolehan pendapatan lebih dari 60%. Sisanya, tersebar di Hero Supermarket dan Guardian.

Pihaknya berharap, seluruh aksi ekpansi ini dapat memacu pendapatan lebih tinggi dari realisasi tahun lalu sebesar 12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Marsya Nabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper