Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi Langsung Eropa Diklaim Ciptakan 1,1 Juta Lapangan Kerja

Investasi langsung dari perusahaan asal Eropa diklaim mampu menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 1,1 juta orang di Indonesia.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 15 Februari 2016  |  16:56 WIB
Menteri Perindustrian Saleh Husin didampingi Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Achmad Sigit Dwiwahjono (kanan) berfoto bersama dengan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darusalam, Mr. Vincent Guerend (kedua kanan) dan Staf Bidang Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar Uni Eropa, Markus Eko Bonorianto di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 21 Desember 2015.  - Kemenperin
Menteri Perindustrian Saleh Husin didampingi Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Achmad Sigit Dwiwahjono (kanan) berfoto bersama dengan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darusalam, Mr. Vincent Guerend (kedua kanan) dan Staf Bidang Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar Uni Eropa, Markus Eko Bonorianto di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 21 Desember 2015. - Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA--Investasi langsung dari perusahaan asal Eropa diklaim mampu menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 1,1 juta orang di Indonesia.

Vincent Guerend, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, mengatakan pihak Uni Eropa dan Indonesia mulai membahas kesepakatan kerja sama ekonomi (Comprehensive Economic Partnership Agreement/CEPA) pada tataran teknis. Perhatian utama terkait kerja sama investasi langsung dan perdagangan antar kedua negara.

"Kami melangkah lebih rinci pada tataran teknis, perusahaan Eropa siap menyediakan lebih dari 1,1 juta pekerjaan di Indonesia,"ujarnya usai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya, Senin (15/2/2016).

Menurut dia, keputusan yang diambil dalam pertemuan terakhir sangat positif. Secara bilateral, akan ada banyak hal yang bisa dihasilkan jika negosiasi perjanjian ekonomi selesai sehingga terjalin kemitraan yang komprehensif.

"Kami menyepakati kerja sama karena Indonesia memiliki area yang besar, juga sebagai aktor ekonomi terbesar di kawasan," sambungnya.

Eropa merupakan salah satu dari tujuan ekspor utama produk-produk non Migas Indonesia. Berdasarkan data neraca perdagangan, Indonesia menikmati surplus perdagangan dengan Eropa. ()

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eropa lapangan kerja investasi langsung
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top