Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SCI: Rantai Pasok Halal Akan Mewabah di Indonesia

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengatakan, rantai pasok atau logistik halal akan berkembang menjadi tuntutan dari konsumen muslim.
/Bisnis-Rachman
/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengatakan rantai pasok atau logistik halal akan berkembang menjadi tuntutan dari konsumen muslim.

Adapun persentase muslim Indonesia adalah sekitar 12,5% dari populasi dunia atau sebanyak 88% dari sekitar 205 juta penduduk Indonesia.

Implementasi rantai pasok halal memang berpotensi meningkatkan harga produk, sangat dibutuhkan peranan pemerintah menyusun strategi, kebijakan, dan program implementasi untuk menunjang daya saing produk nasional, paparnya.

Setijadi berpendapat Indonesia harus mengembangkan rantai pasok halal karena akan menjadi salah satu faktor penentu daya saing produk era MEA.

"Adapun salah satu cara dengan insentif dalam sertifikasi rantai pasok halal, dan pembangunan infrastruktur dan fasilitas rantai pasok halal, seperti pergudangan dan kepelabuhan," sambung Setijadi.

Wakil Ketua Bidang Distribusi dan Logistik Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman mengakui bahwa halal supply chain adalah kebutuhan sejumlah masyarakat di Indonesia.

Dia mengungkapkan selama ini MUI belum melalukan sosialisasi dengan sejumlah perusahaan logistik. Dia pun mengatakan ada salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang mengklaim dirinya sudah halal.

"Dalam proses penentuan sertifikasi halal, selama ini MUI baru melakukan pengujian pada tingkat manufacturing, belum dalam tingkat sesudah pabrik secara end to end sampai ke konsumen," kata Kyatmaja.

Dia menerangkan, proses dalam rantai pasok sangat panjang, jika MUI ingin melakukan sertifkasi, maka MUI harus melakukan pengujian halal di setiap pos rantai pasok. Hal ini akan berpotensi menambah biaya logistik dan mengakibatkan pembengkakan harga produk ke konsumen.

"Potensi penyelewengan paling tinggi dari rantai pasok ini ada di akhir proses, bukan di awal, sehingga harga akan semakin mahal dan MUI harus menyediakan sumber daya manusia lebih banyak mengontrol produk di pasar-pasar, atau di tingkat peternakan misalnya," tambahnya.

Kyatmaja menambahkan sekalipun halal supply chain mulai diwacanakan secara aktif, namun sertifikasi tersebut bukanlah sebuah kewajiban bagi pelaku supply chain. Menurutnya, keputusan tersebut kembali kepada kesediaan masing-masing perusahaan.

Seperti yang sudah dikatakan pula dari pihak MUI, sertifikasi halal ini bukan sebuah kewajiban, pengusaha masih bebas untuk memilih, tuturnya.()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper