Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUMAH SUSUN SEWA: Rusunawa Hanya akan Diresmikan Jika Telah Dihuni

Kegiatan peresmian rumah susun sewa (rusunawa) yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hanya akan dilaksanakan apabila bangunan tersebut sudah terhuni oleh masyarakat
Warga di rumah susun sewa Pulogebang, Jakarta Timur./Antara-Zabur Karuru
Warga di rumah susun sewa Pulogebang, Jakarta Timur./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA--Kegiatan peresmian rumah susun sewa (rusunawa) yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hanya akan dilaksanakan apabila bangunan tersebut sudah terhuni oleh masyarakat.

Untuk itu, Kementerian PUPR akan terus mendorong pemerintah daerah maupun para penerima bantuan rusun lainnya, seperti kalangan perguruan tinggi dan TNI/ Polr,i agar segera mendorong kepenghunian bangunan rusunawa yang telah dibangun.

Peresmian Rusunawa ke depan bukan hanya sekedar peresmian bangunannya saja. Tapi persemian yang akan dilakukan oleh Menteri PUPR adalah peresmian penghunian bangunan yang sudah selesai dibangun dan layak huni, ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin melalui siaran pers, Rabu (20/1/2016).

Syarif menambahkan, target keberhasilan pembangunan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR ke depan yang ditetapkan bukan hanya dari sisi selesainya bangunan Rusunawa saja.

Akan tetapi bagaimana bangunan tersebut bisa segera dihuni oleh masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah serta para penerima manfaat seperti kalangan perguruan serta para anggota TNI/ Polri yang sedang bertugas.

Rusunawa sudah banyak terbangun di daerah-daerah. Jika tidak segera dihuni tentunya bangunan tersebut akan rusak sehingga tidak bisa digunakan dan memerlukan perbaikan lagi. Jika sudah dihuni tentunya para penghuni bisa ikut memelihara bangunan tersebut, tandasnya.

Lebih lanjut, Syarif menjelaskan, dirinya juga meminta agar proses serah terima aset rusunawa bisa segera dipercepat sehingga aset yang ada bisa segera dimanfaatkan oleh Pemda.

Adanya kesiapan Kementerian PUPR untuk melengkapi rusunawa yang dibangun dengan fasilitas listrik dan air bersih diharapkan juga akan mempermudah para calon penghuni untuk tinggal dibangunan vertikal tersebut.

Ke depan tidak ada lagi bangunan rusunawa yang dibangun tanpa adanya aliran listrik dan air bersih. Kami berharap rusunawa ke depan bisa menjadi pilihan tempat tinggal bagi masyarakat mengingat lahan untuk perumahan semakin terbatas, terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper