Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres: Hadapi MEA, 4 Aspek Vital Ini Harus Berjalan Efisien

Demi meningkatkan daya saing ekonomi untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, pemerintah terus berfokus meningkatkan efisiensi dari aspek modal, logistik, energi, dan birokrasi.
Masyarakat Ekonomi Asean 2015/Ilustrasi
Masyarakat Ekonomi Asean 2015/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Demi meningkatkan daya saing ekonomi untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, pemerintah terus berfokus meningkatkan efisiensi dari aspek modal, logistik, energi, dan birokrasi.

Demikian disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam peluncuran layanan izin investasi tiga jam di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pusat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Senin(11/1/2016).

"Kita menyadari bahwa dalam kondisi sekarang, maka persaingan akan lebih ketat dan selalu dimenangkan oleh yang paling efisien," katanya.

Awal 2016, menurut dia, Indonesia memasuki suasana yang berbeda, yakni menghadapi banyak tantangan sekaligus kesempatan melalui dimulainya pelaksanaan MEA. Hal itu mendorong ekonomi Asean berada di skala yang lebih besar.

Di satu sisi timbul kerja sama yang kuat, namun di sisi lain persainganpun semakin ketat. Untuk itu, kerjasama yang diiringi persaingan herus dihadapi dengan penguatan efisiensj dari empat aspek, yakni modal, logistik, energi, dan birokrasi.

Dari sisi modal, pemerintah terus berupaya mendorong penurunan tingkat suku bunga perbankan bagi usaha rakyat dan masyarakat. Biaya logistik juga akan terus diupayakan berada di level rendah melalui penyediaan infrastruktur yang memadai.

Percepatan pembangunan pembangkit dan transmisi listrik terus berlangsung. Sementara itu, dari sisi perbaikan birokrasi, pelayanan perizinan investasi yang lebih cepat mulai luncur dan terlaksana hari ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper