Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Targetkan Pertumbuhan 20.000 Industri Kecil

Pemerintah terus mendorong peningkatan jumlah pengusaha industri kecil dan menengah (IKM) guna ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 08 Januari 2016  |  20:32 WIB
Pengrajin mengecat kursi dari bahan baku rotan di sebuah industri kecil di Pekayon, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (10/6/2015).  - Antara
Pengrajin mengecat kursi dari bahan baku rotan di sebuah industri kecil di Pekayon, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (10/6/2015). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah terus mendorong peningkatan jumlah pengusaha industri kecil dan menengah (IKM) guna ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dalam lima tahun ke depan, kita menargetkan tumbuhnya 20.000 pengusaha industri kecil dan 9.000 industri skala besar dan sedang," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin saat menerima kunjungan jajaran pengurus Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), Jumat (8/1/2016).

Menperin mengemukakan pihaknya tengah menjalankan beberapa program peningkatan kapasitas bagi IKM dan membuka pintu bagi asosiasi pelaku usaha untuk turut berpartisipasi.

Program-program tersebut a.l. pengembangan produk, sentra IKM, restrukturisasi mesin peralatan IKM dan pameran. Khusus restrukturisasi mesin, program ini untuk membantu IKM dalam melakukan peremajaan atau modernisasi mesin agar lebih efisiensi dan mendongkak kapasitas.

Menyahuti harapan Menperin, Ketua Umum IPEMI Ingrid Kansil menegaskan pihaknya mendukung dan siap melakukan sinergi dengan Kemenperin.

“Pelatihan dan program untuk IKM Kemenperin menyentuh langsung kebutuhan pelaku industri kecil. Ini sejalan dengan semangat kami menumbuhkan pengusaha terutama di daerah sehingga lebih merata,” ujarnya.

IPEMI, paparnya, ingin memperluas kesempatan dan jaringan usaha serta melahirkan pengusaha baru.

Kepada Menperin, Ingrid juga mengungkapkan rencana IPEMI menggelar rapat kerja nasional tahun 2016 di Jakarta pada April mendatang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menperin industri kecil
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top