Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SURVEI KONSUMEN: Optimisme Terhadap Lapangan Kerja di Titik Tertinggi

Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen menguat di akhir 2015 bahkan keyakinan konsumen membaik terhadap ekspetasi kondisi ekonomi 6 bulan mendatang. Konsumen yakin dalam 6 bulan ke depan tersedia lapangan kerja.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 06 Januari 2016  |  18:08 WIB
Kantor Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis
Kantor Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen menguat pada akhir 2015 bahkan keyakinan konsumen membaik terhadap ekspetasi kondisi ekonomi 6 bulan mendatang. Konsumen yakin dalam 6 bulan ke depan tersedia lapangan kerja.

Indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja kembali menyentuh level optimis menjadi 103,5 poin setelah tiga bulan sebelumnya berada berada pada level pesimis.

Survei yang dipublikasikan Bank Indonesia menyebutkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2015 naik 3,8 poin dari bulan sebelumnya menjadi 107,5 poin. Naiknya IKK dari bulan sebelumnya tidak sekuat periode yang sama tahun lalu.

Meningkatnya keyakinan konsumen di akhir tahun didorong oleh kenaikan Indeks Ekspetasi Konsumen (IEK) sebesar 6,2 poin menjadi 121,0. Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini masih di level pesimis dengan kenaikan 1,4 poin menjadi 94,0. Namun, IKE turut mendorong penguatan optimisme konsumen di akhir tahun lalu.

 “Untuk kondisi 6 bulan mendatang [Juni 2016], konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sementara itu, posisi pinjaman 6 bulan yang akan datang diperkirakan lebih rendah dari bulan sebelumnya,” demikian seperti tertulis Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam situs resminya, Rabu (6/1/2016).

 Peningkatan indeks ekspektasi tertinggi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp4 juta-Rp5 juta per bulan, sementara indeks ekspetasi kegiatan usaha tertinggi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp3 juta-Rp4 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia lapangan kerja indeks keyakinan konsumen
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top