Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURVEI KONSUMEN: Optimisme Terhadap Lapangan Kerja di Titik Tertinggi

Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen menguat di akhir 2015 bahkan keyakinan konsumen membaik terhadap ekspetasi kondisi ekonomi 6 bulan mendatang. Konsumen yakin dalam 6 bulan ke depan tersedia lapangan kerja.
Kantor Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Kantor Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen menguat pada akhir 2015 bahkan keyakinan konsumen membaik terhadap ekspetasi kondisi ekonomi 6 bulan mendatang. Konsumen yakin dalam 6 bulan ke depan tersedia lapangan kerja.

Indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja kembali menyentuh level optimis menjadi 103,5 poin setelah tiga bulan sebelumnya berada berada pada level pesimis.

Survei yang dipublikasikan Bank Indonesia menyebutkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2015 naik 3,8 poin dari bulan sebelumnya menjadi 107,5 poin. Naiknya IKK dari bulan sebelumnya tidak sekuat periode yang sama tahun lalu.

Meningkatnya keyakinan konsumen di akhir tahun didorong oleh kenaikan Indeks Ekspetasi Konsumen (IEK) sebesar 6,2 poin menjadi 121,0. Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini masih di level pesimis dengan kenaikan 1,4 poin menjadi 94,0. Namun, IKE turut mendorong penguatan optimisme konsumen di akhir tahun lalu.

 “Untuk kondisi 6 bulan mendatang [Juni 2016], konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sementara itu, posisi pinjaman 6 bulan yang akan datang diperkirakan lebih rendah dari bulan sebelumnya,” demikian seperti tertulis Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam situs resminya, Rabu (6/1/2016).

 Peningkatan indeks ekspektasi tertinggi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp4 juta-Rp5 juta per bulan, sementara indeks ekspetasi kegiatan usaha tertinggi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp3 juta-Rp4 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper