Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Mini Pakan Ikan Mandiri Berdiri Di Sukabumi

Mini Plant Pakan Ikan Mandiri diresmikan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT), Jawa Barat.
Pakan Ikan/Ilustrasi
Pakan Ikan/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Mini Plant Pakan Ikan Mandiri diresmikan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT), Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto menuturkan Mini Plant Pakan Ikan Mandiri yang di bangun di BBPBAT Sukabumi ini merupakan tempat magang terkait pembuatan pakan ikan mandiri.

"Berkapasitas produksi 1,2 ton per hari, pabrik mini ini juga merupakan percontohan pabrik pakan ikan mandiri. Bagi perekayasa, lokasi ini dapat menjadi tempat untuk melakukan perekayasaan terkait formulasi pakan, sehingga menghasilkan pakan ikan yang efisien dan memanfaatkan bahan baku lokal," katanya dalam rilis, Selasa (5/1/2016).

Slamet menyatakan hasil perekayasaan BBPBAT Sukabumi yang berupa enzim Mina Grow, juga dapat dikombinasikan penggunaannya dalam produksi pakan ikan mandiri ini, sehingga semakin meningkatkan efisensi pakan ikan yang diproduksi dan pada akhirnya mampu meningkatkan produksi.

BBPBAT Sukabumi memproduksi pakan ikan mandiri yang memanfaatkan bahan baku local seperti tepung ikan, tepung tapioca, dan juga eceng gondok.

"Pakan ikan ini memiliki kandungan protein sekitar 30 %, sesuai Standar Nasional Indonesia, dapat dimanfaatkan untuk budidaya lele, nila dan patin. Harganya pun relative terjangkau, yaitu Rp. 5.000 per kg," ujarnya.

Slamet juga menjelaskan pakan adalah kebutuhan utama dalam suatu usaha perikanan budidaya, karena selain dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan juga merupakan sumber biaya yang paling besar dalam proses produksi budidaya.

Untuk meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan, salah satunya adalah dengan mengurangi biaya produksi pakan, melalui penggunaaan pakan ikan mandiri.

Gerakan Pakan Ikan Mandiri (GERPARI) yang telah digaungkan sejak tahun 2015, bertujuan untuk mendorong kemandirian kelompok masyarakat dalam memproduksi pakan ikan secara mandiri dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"GERPARI tetap menjadi salah satu program unggulan perikanan budidaya. Melalui GERPARI akan terbentuk kelompok-kelompok baru yang mampu menyerap tenaga kerja,meningkatkan perekonomian daerah dan memanfaatkan sumber daya alam daerah sebagai bahan baku local pakan ikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper