Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Terminal Bandara Komodo Habiskan Anggaran Rp191,7 Miliar

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pembangunan fasilitas terminal penumpang bandara Komodo Labuan Bajo NTT yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo menghabiskan anggaran Rp191,7 miliar. n
Bandara Komodo Labuan Bajo/nttprov.go.id
Bandara Komodo Labuan Bajo/nttprov.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pembangunan fasilitas terminal penumpang bandara Komodo Labuan Bajo NTT yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo menghabiskan anggaran Rp191,7 miliar.

Dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Presiden Sukardi Rinakit, Menteri Jonan melaporkan pembangunan fasilitas tersebut dimulai pada tahun anggaran 2012 dan diselesaikan pada tahun anggaran 2015. Dana tersebut digunakan untuk membangun fasilitas seluas 9.687 meter persegi.

"Artinya Rp19 juta per meter persegi," kata Menhub Jonan dalam laporannya kepada Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana di Labuan Bajo. Sejumlah pejabat juga hadir yakni Menseneg Pratikno dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Sejak dirintis tahun 1975, bandara Komodo hanya berupa airstrip. Sekarang bandara ini sudah memiliki terminal besar, bersih dan artistik dan memiliki runway sepanjang 2.250 meter dengan lebar 45 meter.

Semula bandara yang berada di tepi laut ini hanya didarati pesawat propeller sekelas ATR 72-600, kini segera dapat didarati oleh pesawat jet medium sekelas A-320, B 737-800 dan B 737-900.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Komodo tadi pagi untuk melakukan kunjungan kerja. Rombongan terbang dari bandara Adi Soemarmo Boyolali Jawa Tengah menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet 2 737-800. Dengan pesawat ini, Presiden dan rombongan bisa mendarat mulus di bandara Komodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper