Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Bandara Sultan Syarif Kasim II Buka Posko Natal dan Tahun Baru

PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru membuka posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk mengantisipasi kelonjakan penumpang saat liburan akhir tahun.
Bandara Sultan Syarif Kasim II/dipenda.pekanbaru.go.id
Bandara Sultan Syarif Kasim II/dipenda.pekanbaru.go.id

Bisnis.com, PEKANBARU— PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru membuka posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat liburan akhir tahun.

General Maneger PT Angkasa Pura II Bandara SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait mengatakan posko itu dibuka 18 Desember hingga 8 Januari 2016.

Penumpang Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru diprediksi akan meningkat 8% saat Liburan Natal dan Tahun Baru 2016. Jumlah penumpang diprediksi mencapai 8.600 per hari saat akhir tahun atau meningkat dari jumlah tahun lalu 8.000 penumpang per hari.

"Tahun ini, mobilitas masyarakat lebih tinggi. Umumnya yang berpergian itu adalah pekerja dari Jakarta atau daerah lain yang bekerja di Pekanbaru," katanya, Selasa (22/12/2015).

Selain tenaga kerja yang kembali ke kampung halaman, sejumlah masyarakat juga memilih berlibur. Jaya mengatakan sekitar 70% penumpang akan bepergian ke Jakarta. Sekitar 500 orang dari total penumpang akan berliburan ke luar negeri.

Padatnya penumpang itu membuat tingkat isian (load factor) maskapai penerbangan meningkat. Hal ini menjadi harapan pihak maskapai karena load factor sempat anjlok saat kabut asap, beberapa waktu yang lalu.

Ketua Airlines Operator Commite (AOC) Pekanbaru Wahyu Wijanarko mengatakan load factor penumpang akan mencapai level 75% karena padatnya penduduk di akhir tahun ini.

"Bicara soal load factor, penerbangan Pekanbaru sempat anjlok saat musibah kabut asap. Dari lima bulan musibah kabut asap, penerbangan efektif itu hanya sekitar dua minggu," katanya.

Khusus, rute Pekanbaru-Cengkareng, jumlah maskapai mencapai 22 maskapai meningkat dari tahun lalu yang hanya 17 maskapai.

Bertambahnya jumlah maskapai penerbangan di Bandara SSK II menjadi pilihan penumpang. Hal itu juga akan membuat maskapai meningkatkan pelayanannya.

"Masing-masing maskapai punya cara tersendiri untuk meningkatkan load factor," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper