Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Branding Wonderful Indonesia Sapa Penggemar Liga Spanyol

Branding Wonderful Indonesia terus didengungkan oleh Kementerian Pariwisata ke seluruh dunia, bahkan upaya untuk mengenalkan keanekaragaman pariwisata Indonesia itu menyapa penggemar sepak bola pada salah satu kompetisi terbaik dunia yaitu La Liga Spanyol.
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri), Nadya Hutagalung (tengah) saat peluncuran program Wondernesia untuk menarik turis mancanegara berkunjung ke Indonesia./Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyani
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri), Nadya Hutagalung (tengah) saat peluncuran program Wondernesia untuk menarik turis mancanegara berkunjung ke Indonesia./Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyani

Bisnis.com, JAKARTA -- "Branding Wonderful Indonesia" terus didengungkan oleh Kementerian Pariwisata ke seluruh dunia, bahkan upaya untuk mengenalkan keanekaragaman pariwisata Indonesia itu menyapa penggemar sepak bola pada salah satu kompetisi terbaik dunia yaitu La Liga Spanyol.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima media di Jakarta, Selasa (8/12/2015), bentuk pengenalan keanekaragaman Indonesia pada La Liga dilakukan dengan pemasangan "digital board replacement" bertema "brand" pariwisata pada 10 pertandingan papan atas yang disiarkan langsung oleh televisi se Asia-Pasifik.

Dengan adanya kerja sama ini maka semua televisi di negara-negara Asia Pasifik yang bisa menerima siaran langsung kompetisi di Negeri Matador ini bisa melihat "Wonderful Indonesia" saat kamera menyorot "background" lapangan hijau.

"Di Eropa, sepak bola itu gaya hidup. Tua muda, pria, wanita, kaya miskin, mengenakan atribut klub favoritnya itu satu kebanggaannya. Karena itu 'merchandise'-nya pun laku. Jika merchandise-nya saja diburu 'fans' sudah barang tentu pertandingannya bakal ditonton. Tapi tidak semuanya nonton ke stadion," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Orang nomor satu di Kementerian Pariwisata itu menegaskan jika tidak semua fans datang ke stadion karena kapasitas terbatas. Untuk disitulah peran televisi berbayar dibutuhkan. Mereka akan membeli hak siar dan selanjutnya dijual ke semua televisi untuk menaikkan rating.

"La Liga termasuk kedua termahal, setelah Liga Inggris. Di Asia saja 260 juta pemirsa lebih yang nge-fans La Liga Spanyol, dengan dua klub impiannya Real Madrid dan Barcelona. Karena itu, brand Wonderful Indonesia kita masukkan ke segmen ini," tutur Arief Yahya, menjelaskan.

Dengan masuk ke sekmen tersebut, Woderful Indonesia jelas akan menjadi pantauan karena bisa disaksikan juga dikawasan Asia-Pasifik termasuk Tiongkok, Jepang dan Korea. Jutaan penonton dipastikan akan melihat salah satu tayangan yang paling ditunggu ini.

"Ini menjadi kendaraan yang efektif untuk menyantolkan branding Wonderful Indonesia, mempromosikan pariwisata Indonesia di pasar Asia dan Tiongkok karena target terbesar wisman kita 2015-2019 adalah Asia," papar mantan petinggi Telkom itu.

Di Negeri Tiarai Bambu itu pertandingan La Liga Spanyol disiarkan beberapa stasiun televisi besar di antaranya adalah Guangdong TV (GDTV), Guangzhou TV (GZTV), Shanghai TV, Hebi TV yang signal-nya meluas sampai 87 persen Provinsi Hebei, seluruh wilayah Beijing dan Tianjin. Juga tayang di Shangdong, Henan, dan Provinsi Shanxi.

Begitu juga di Korea, Mongolia, India juga banyak yang menayangkan kompetisi La Liga Spanyol. Dengan kondisi tersebut diharapkan mampu branding yang dilakukan bisa menarik wisatawan ke Indonesia. Untuk mengetahui lebih detil pariwisata di Tanah Air telah disiapkan laman www.indonesia.travel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper