Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Siap Operasikan Pusat Logistik Berikat di Kalimantan

Astra melalui anak perusahaannya PT Penajam Banua Taka (Eastkal Supply Base) siap mengoperasikan Pusat Logistik Berikat (PLB) di Kawasan Industri Buluminung, Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, Balikpapan--Astra melalui anak perusahaannya PT Penajam Banua Taka (Eastkal Supply Base) siap mengoperasikan Pusat Logistik Berikat (PLB) di Kawasan Industri Buluminung, Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur. Pengoperasian PLB tersebut masih menunggu peraturan pemerintah yang tinggal menunggu tanda tangan Presiden Joko Widodo.

PLB itu dipersiapkan untuk melayani kebutuhan di sektor minyak dan gas bumi. PLB yang telah dipersiapkan sejak 2013 itu menyediakan dermaga pelabuhan sepanjang 200 meter.

Direktur Operasi Eastkal Supply Base Harsono Yohanes mengatakan fasilitas dermaga dengan kedalaman kolam 8 meter - 12 meter sehingga telah mampu menampung kapal dengan kapasitas 10.000 dwt.

"Pelabuhan masuk ke sungai, bukan ke laut. Posisi agak masuk sungai ini memungkinkan sisi gelombang ombaknya tenang, kapal masuk kapan saja sudah bisa," ujarnya di Pelabuhan Penajam, Kalimantan Timur.

Pelabuhan tersebut telah berhasil membuat dua unit kapal bersandar setiap bulannya. Kapal terbesar yang pernah singgah berukuran 8.000 dwt dengan membawa bahan kimia alumunium impor.

Fasilitas utama lainnya seperti gudang tertutup memiliki total luas 12.100 m2 yang terbagi menjadi 11 unit dengan ukuran beragam mulai dari 500 m2-1.100 m2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper