Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelelangan Dua Ruas Tol Dimulai Januari 2016

Pemerintah menargetkan pelelangan ruas tol Balikpapan—Samarinda dan Manado—Bitung sudah dapat dilaksanakan paling lambat akhir Januari 2016.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah menargetkan pelelangan ruas tol Balikpapan—Samarinda dan Manado—Bitung sudah dapat dilaksanakan paling lambat akhir Januari 2016.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Herry Trisaputra Zuna mengatakan, pemerintah telah menetapkan peserta lelang yang lolos prakualifikasi untuk kedua ruas tersebut.

Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan dokumen tender untuk lelang investasi kedua ruas tersebut.

“Kita ingin tol-tol yang tersisa sesegera mungkin ada investornya sehingga bisa mulai terbangun,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Jumat (4/12/2015).

Menurutnya, proses pelelangan tidak akan berlangsung lama. Pemerintah akan memadatkan proses pelelangan sehingga seluruh proses sudah berakhir di Juni 2016.

Peserta lelang diberi waktu dua bulan untuk memasukkan penawaran. Selanjutnya, selama sebulan pemerintah akan mengevaluasi penawaran yang diajukan para peserta. Penetapan pemenang lelang menurutnya sudah bisa dilakukan di April 2016.

“Mestinya Mei atau Juni sudah bisa tanda tangan [Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol],” katanya.

Adapun pemenang prakualifikasi untuk untuk ruas Manado—Bitung yakni konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT PP (Persero) Tbk; PT Bangun Tjipta Sarana; konsorsium HCM—Dewanto; dan PT Waskita Toll Road.

Sedangkan untuk Balikpapan—Samarinda yakni konsorsium Naza Engineering and Construction Sdn Bhd dan PT Daya Mulia Turangga; PT Wasita Tol Road; konsorsium PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk., PT Kaltim Binasarana Konstruksi, PT Brantas Abipraya (Persero), dna PT Istaka Karya; dan konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, dan PT Bangun Tjipta Sarana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper