Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belarus Incar Pasar Pupuk dan Produk Peternakan Sumut

Belarus tengah mengincar Sumatra Utara sebagai pasar ekspor mereka, khususnya untuk produk pupuk dan peternakan.
Febrany D. A. Putri
Febrany D. A. Putri - Bisnis.com 26 November 2015  |  18:55 WIB
Ilustrasi: Peternak menuangkan susu sapi hasil perahan ke wadah, di Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/3/2015). - JIBI/Rachman
Ilustrasi: Peternak menuangkan susu sapi hasil perahan ke wadah, di Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/3/2015). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, MEDAN--Belarus tengah mengincar Sumatra Utara sebagai pasar ekspor mereka, khususnya untuk produk pupuk dan peternakan.

Duta Besar Belarus untuk Indonesia Vladimir Lopato Zagorsky menuturkan, Sumut memiliki potensi di bidang perkebunan dan pertanian yang sangat baik. Oleh karena itu, pihaknya tertarik untuk memasarkan pupuk asal Belarus di Sumut.

"Selain itu, di bidang peternakan, kami juga memproduksi susu. Per tahun mencapai 7 juta liter susu dan sudah diekspor ke berbagai negara. Kami ingin Sumut menjadi pasar selanjutnya," papar Zagorsky dalam pertemuannya dengan Pemprov Sumut, Kamis (26/11/2015).

Selain itu, Zagorsky menawarkan kerja sama di bidang pariwisata. Dia menjelaskan, Belarus memiliki banyak obyek wisata danau dan mampu mengelolanya dengan baik.

"Kami dengan senang hati akan menurunkan tenaga ahli jika Sumut berkenan untuk mengetahui lebih lanjut soal pengelolaan danau sebagai kawasan wisata," tambahnya.

Plh Sekda Pemprov Sumut Zulkarnain mempersilakan Belarus untuk menjajaki berbagai potensi kerja sama tersebut.

Dia juga menawarkan Belarus masuk sebagai investor ke Sumut.

Zulkarnain menyebutkan, Sumut memiliki berbagai potensi investasi menggiurkan seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei untuk industri hilir kelapa sawit.

"Selain itu, Sumut masih memiliki Pelabuhan Kuala Tanjung, Danau Toba, kawasan Mebidangro, dan pengembangan Bandara Internasional Kuala Namu. Kami berharap Belarus bisa menjadi salah satu investor di sini," ujarnya.

Tak hanya itu, Sumut juga memiliki potensi perikanan baik tangkap maupun budi daya di pantai Timur dan Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peternakan pupuk
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top