Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Implementasi MEA, Jokowi: Tetangga Justru Takut Kebanjiran Produk Kita

Presiden Joko Widodo meminta para pelaku industri nasional optimistis memandang implementasi Masyarakat Ekonomi Asean karena kepala negara tetangga justru takut pasarnya dibanjiri oleh produk Indonesia.
Masyarakat Ekonomi Asean 2015/Ilustrasi
Masyarakat Ekonomi Asean 2015/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta para pelaku industri nasional optimistis memandang implementasi Masyarakat Ekonomi Asean karena kepala negara tetangga justru takut pasarnya dibanjiri oleh produk Indonesia. 

Dalam sambutan penyerahan Penghargaan Paramakarya, Presiden Jokowi mengatakan siap tidak siap, suka tidak suka Indonesia bersama sembilan negara di Asean akan mengimplementasikan MEA pada akhir 2015. 

Presiden meminta para pelaku usaha mendukung pemerintah yang sedang melakukan identifikasi produk dan jasa yang berdaya saing tinggi untuk dipromosikan di pasar tunggal Asean. 

"Jangan kita dijadikan pasar, mereka masuk ke kita," tegasnya di Istana Negara, Selasa (24/11/2015). 

Setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asean ke-27 di Kuala Lumpur, Malaysia, 21-22 November 2015, Jokowi meminta industri nasional tidak khawatir dengan implementasi MEA. 

"Kepala negara dan kepala pemerintahan negara Asean yang lain bisik-bisik ke saya, mereka juga takut kemasukan barang kita," kata Jokowi. 

Menurutnya, pasar tunggal Asean berpotensi sangat menguntungkan Indonesia karena pasar Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand, Laos, Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Kamboja semakin terbuka. Apalagi produk Indonesia memiliki keunggulan dari sisi harga yang relatif lebih murah. 

"Jadi keliru kalau kita takut. Wong mereka takut kita, kok jadi kita yang takut mereka. Gimana sih?" imbuh Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper