Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Roadmap E-Commerce Ditarget Rampung Akhir 2015

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berjanji akan menyelesaikan roadmap e-commerce sebelum memasuki awal Januari 2016. Alasan Kemenkominfo yang sampai saat ini masih belum menyelesaikan roadmap e-commerce tersebut adalah karena masih banyaknya pembahasan mengenai pajak dan payment gateway yang masih digodok bersama sejumlah kementerian.
Ecommerce/alleywatch.com
Ecommerce/alleywatch.com

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berjanji akan menyelesaikan roadmap e-commerce sebelum memasuki awal Januari 2016.

Alasan Kemenkominfo yang sampai saat ini masih belum menyelesaikan roadmap e-commerce tersebut adalah karena masih banyaknya pembahasan mengenai pajak dan payment gateway yang masih digodok bersama sejumlah kementerian.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengakui pihaknya telah mendiskusikan beberapa regulasi terkait e-commerce dengan sejumlah kementerian terkait seperti Kementerian Koordinator Perekonomian, khususnya yang berkaitan dengan pajak dan payment gateway.

Menurutnya, roadmap e-commerce yang akan mengatur keberadaan pemain asing di Indonesia tersebut direncanakan akan selesai sebelum memasuki awal Januari 2016. “Insya Allah akhir tahun ini bisa selesai roadmap e-commercenya,” tutur Rudiantara usai mengikuti acara Hackathon Merdeka 2.0 di Menara Multimedia Telkom Jakarta, Minggu (15/11).

Rudiantara menjelaskan roadmap e-commerce tersebut nantinya akan dikoordinir langsung oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, sedangkan tugas Kemenkominfo adalah menyediakan infrastruktur security yang baik, untuk menerapkan roadmap e-commerce di Indonesia. Rudiantara optimistis roadmap e-commerce tidak akan molor terlalu lama, karena sampai saat ini roadmap e-commmerce diakui sudah rampung lebih dari 90%.

“Menkominfo itu tugasnya hanya bagaimana menyediakan infrastruktur dengan security yang baik. Nanti biar Menko Perekonomian yang mengkoordinir itu [roadmap e-commerce],” tukasnya.

Seperti diketahui, roadmap e-commerce tersebut rencananya akan dirampungkan Kemenkominfo pada Agustus 2015. Namun pada kenyataannya, roadmap tersebut molor dari rencana yang telah diperkirakan oleh Kemenkominfo. Regulasi terkait e-commerce tersebut juga diyakini akan membantu pertumbuhan transaksi e-commerce di Indonesia, karena pada akhir 2020 nanti transaksi e-commerce di Indonesia ditargetkan akan mencapai angka US$130 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper