Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hemat Biaya Operasional: Penyewa di Pusat Niaga Siap Eksodus ke Perkantoran Lebih Murah

Perusahaan riset dan konsultan properti PT CB Advisory (Coldwell Banker Commercial Indonesia) menyebut perusahaan-perusahaan yang menyewa ruang perkantoran di kawasan pusat niaga (CBD) siap memindahkan sebagian operasional bisnisnya ke perkantoran yang lebih murah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan riset dan konsultan properti PT CB Advisory (Coldwell Banker Commercial Indonesia) menyebut perusahaan-perusahaan yang menyewa ruang perkantoran di kawasan pusat niaga (CBD) siap memindahkan sebagian operasional bisnisnya ke perkantoran yang lebih murah.

Tommy H. Bastamy, Direktur Advisory Services Coldwell Banker Commercial, mengatakan para penyewa berniat menghemat biaya operasional seiring aktivitas bisnis yang melambat sebagai dampak dari kondisi pertumbuhan ekonomi.

"Sudah ada concern untuk relokasi dari satu gedung ke gedung lain karena faktor harga. Bisnis mereka relatif stabil, dari sisi akomodasi mereka mau menghemat," ujarnya di Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Menurut Tommy, opsi relokasi semakin mencuat karena harga sewa kantor tengah tertekan seiring jumlah pasokan yang melebihi permintaan. Coldwell mencatat, permintaan kumulatif di kuartal III 2015 turun 1,3%.

Total penyerapan ruang kantor per Oktober 2015 menurut data yang dihimpun Coldwell mencapai 10.662% dengan tingkat keterisian 93,4%. Angka tersebut dihimpun dari kota-kota yang dinilai mapan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper