Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Deregulasi & Paket Ekonomi Bisa Percepat Proyek Kilang BBM

Deregulasi dan paket kebijakan ekonomi yang telah diumumkan pemerintah akan mempercepat proses pembangunan kilang bahan bakar minyak (BBM) baru di dalam negeri.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 20 Oktober 2015  |  20:41 WIB
Deregulasi & Paket Ekonomi Bisa Percepat Proyek Kilang BBM
Petugas keamanan berjaga di kawasan Kilang Minyak V Pertamina Balikpapan di Kalimantan Timur, Kamis (2/7). - Antara/Widodo S. Jusuf
Bagikan

 

Bisnis.com, JAKARTA—Deregulasi dan paket kebijakan ekonomi yang telah diumumkan pemerintah akan mempercepat proses pembangunan kilang bahan bakar minyak (BBM) baru di dalam negeri.

Sudirman Said, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengatakan pemerintah memberikan kemudahan kepada investor yang ingin mengembangkan sektor strategis di dalam negeri, seperti industri minyak dan gas bumi (migas).

“Sekarang tax holiday bisa sampai 20 tahun, jaminan pemerintah pun dimungkinkan untuk proyek strategis yang dibutuhkan masyarakat,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Sudirman menuturkan saat ini bahkan Menteri Keuangan mengeluarkan aturan yang memungkinkan untuk penyediaan lahan dengan tarif Rp0 untuk jangka waktu tertentu. Aturan tersebut akan memangkas biaya yang diperlukan untuk memulai investasi di Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut kemudian didukung oleh kajian yang lebih serius terkait pembangunan kilang di dalam negeri. Saat ini, pembangunan kilang yang terintegrasi dengan industri petrokimia akan memiliki return yang lebih baik.

“Keekonomian kilang akan membaik kalau diintegrasikan dengan petrokimia, karena petrokimia secara return memang memiliki margin lebih baik dibandingkan dengan kilang BBM,” ujarnya.

Dia menyebutkan saat ini PT Pertamina (Persero) melakukan pembicaraan detil dengan Saudi Aramco untuk menindaklanjuti apa saja yang bisa dikerjasamakan. Hal itu didukung oleh tim pemerintah kedua negara yang terus melakukan pertemuan untuk mempercepat realisasi komitmen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kilang BBM
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top