Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Elnino ke Pangan, Ini Komentar CIDES

Centre for Information and Development Studies (CIDES) berpendapat pemerintah dapat membuka opsi untuk melakukan importasi pangan guna mengantisipasi dampak dari bencana el-nino yang terjadi di Asia Tenggara dan Australia Utara selama 2015
Ilustrasi/Antara-Aditya Pradana Putra
Ilustrasi/Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Centre for Information and Development Studies (Cides) berpendapat pemerintah dapat membuka opsi untuk melakukan importasi pangan guna mengantisipasi dampak dari bencana el-nino yang terjadi di Asia Tenggara dan Australia Utara selama 2015.

Direktur Cides  Rudi Wahyono mengatakan pilihan tersebut perlu dipertimbangkan mengingat meningkatnya kemiskinan akibat harga komoditi pangan yang naik, karena El-nino.

“Namun  tetap memerlukan upaya pemberian edukasi kepada publik tentang perlunya membuka kran impor,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10/2015).

Dia meyakini importasi pangan akan mendapatkan tantangan dari para ekonom makro karena akan membuat rupiah semakin melemah terhadap dolar.

Namun, dalam kondisi saat ini, pemerintah seharusnya bertindak realistis dan bijak sehingga rakyat tidak semakin menderita karena harga pangan yang tidak terjangkau.

Pemerintah, sambungnya, harus meminimalisasi menurunnya konsumsi pangan dan meningkatnya angka kurang gizi (AKG), khususnya pada ibu hamil dan balita.

“Menurunnya pendapatan keluarga secara langsung juga akan menurunkan konsumsi pangan yang akhirnya mendorong peningkatan kasus anemia khususnya pada ibu hamil dan balita," jelas Rudi.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa pekan pada September, harga beras medium dan premium mengalami peningkatan harga sekitar 1,7%-3,2% per pekan nya, dan diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga Februari 2016.

Data BPS yang dirilis pada Bulan September 2015 pun menunjukkan pada  Maret 2015, jumlah penduduk miskin mencapai 28,59 juta orang, bertambah 0,86 juta orang dibandingkan kondisi September 2014.

Persentase penduduk miskin perkotaan pun naik menjadi 8,29% atau 0,29 juta orang sehingga menjadi 10,56 juta orang pada Maret 2015.

Sementara itu, persentase penduduk miskin di daerah perdesaan naik dari 13,76% atau 0,57 juta orang sehingga menjadi 17,94 juta orang  pada Maret 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper