Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Paket Kebijakan Ekonomi Tahap II Bakal Diumumkan

Darmin Nasution menuturkan paket kebijakan ekonomi tahap kedua yang akan diumumkan nantinya lebih sedikit dibandingkan dengan paket kebijakan ekonomi tahap pertama.
Darmin Nasution/Antara
Darmin Nasution/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kembali akan mengumumkan paket kebijakan yang akan diberikan pemerintah kepada dunia usaha untuk menggenjot perekonomian nasional.

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mengatakan paket kebijakan ekonomi tahap dua akan diumumkan pada Selasa (29/9/2015) di Kompleks Istana Kepresidenan.

“Kami membicarakan pengumuman paket kebijakan ekonomi tahap kedua besok di sini [Kompleks Istana Kepresidenan],” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Darmin menuturkan paket kebijakan ekonomi tahap kedua yang akan diumumkan nantinya lebih sedikit dibandingkan dengan paket kebijakan ekonomi tahap pertama.

Hal itu dilakukan agar lebih banyak yang membahas substansi kebijakan tersebut dibandingkan dengan jumlah kebijakan yang diambil pemerintah.

Menurutnya, pemerintah kembali akan menggandeng Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengumumkan paket kebijakan ekonomi tahap kedua. Artinya, Bank Indonesia dan OJK juga akan mengeluarkan kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengumumkan sejumlah kebijakan yang dikelompokkan ke dalam tiga langkah untuk menggenjot kinerja perekonomian nasional.

Dalam paket kebijakan tersebut, pemerintah melakukan deregulasi, debirokratisasi, penegakan hukum, dan memberikan kepastian usaha untuk meningkatkan daya saing industri nasional.

Setidaknya 89 peraturan dirombak oleh pemerintah, sehingga menghilangkan duplikasi, dan memperkuat koherensi, serta konsistensi dalam upaya memangkas peraturan yang menghambat.

Presiden Jokowi menuturkan pemerintah juga akan melakukan penyederhanaan izin, memperbaiki prosedur kerja perizinan, memperkuat sinergi antarlembaga, meningkatkan pelayanan, serta menggunakan pelayanan berbasis elektronik untuk mempermudah investor yang ingin menanamkan modalnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper