Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Klinik Terapung Tiba di Timika

Kapal klinik terapung ini memiliki panjang 17 meter dan lebar 8 meter dilengkapi kamar bedah, ruang tunggu pasien, poliklinik, ruang opname, ruang obat dan ruang dokter. Fasilitas lain yaitu peralatan USG dan dopler, peralatan pemeriksaan jantung, peralatan pemeriksaan kimia darah, dan mikroskop.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, TIMIKA - Kapal klinik terapung milik Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), Timika, Papua Jumat (25/9/2015) petang tiba di Pelabuhan Paumako, setelah berlayar dari Gresik, Jawa Timur.

Setelah kapal yang diberi nama Mamena (dari bahasa Kamoro yang berarti ikan hiu) masuk kawasan Pelabuhan Transit LPMAK di Jembatan Paumako II, sejumlah lelaki Suku Kamoro dari kelompok tari Kampung Kamoro Jaya-SP1 menyambut dengan tarian seka dengan alunan bunyi tifa.

Wakil Sekretaris Eksekutif LPMAK Bidang Pendukung Kris Ukago kepada Antara di Timika, Sabtu, mengatakan pengadaan kapal klinik terapung bertujuan untuk memperkuat pelayanan kesehatan masyarakat di kampung-kampung pesisir Mimika.

"Tujuan utamanya itu karena memang perlu ada sentuhan yang lebih jauh lagi untuk masyarakat di kampung-kampung pesisir. Mungkin selama ini masih ada kampung-kampung yang jauh belum terlayani karena keterbatasan petugas, maka dengan fasilitas ini diharapkan lebih mendekatkan pelayanan ke masyarakat," ujarnya.

Kapal klinik terapung tersebut akan segera diresmikan bersamaan dengan peresmian sejumlah fasilitas yang dibangun oleh LPMAK seperti pabrik pengolahan tepung sagu di Kekwa, Pelabuhan Transit Paumako, Multi Purpose Community Centre, Klinik Kesehatan Franke Mollen Agimuga dan lainnya.

"Kami masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk segera meresmikan beroperasinya berbagai fasilitas yang telah dibangun LPMAK, termasuk kapal klinik terapung. Setelah peresmian, kapal klinik terapung akan melakukan pelayanan perdana di kampung sekitar," jelas Kris.

Nakhoda kapal klinik terapung Suhardi mengatakan pelayaran kapal ini memakan waktu cukup lama dari Gresik. "Kami harus singgah di beberapa tempat untuk mengisi bahan bakar. Kalau kondisi cuaca di laut sedang gelombang tinggi, kami tidak berani berlayar mengingat kapal ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis yang sangat mahal," jelasnya.

Kapal klinik terapung tersebut menyinggahi sejumlah pelabuhan seperti Banyuwangi, Sumbawa, Sape, Labuan Bajo, Maumere, Alor, Saumlaki, Dobo hingga tiba di Pelabuhan Paumako Timika pada Jumat (25/9) petang sekitar pukul 17.00 WIT.

"Kami keluar dari Pelabuhan Dobo sekitar pukul 06.45 WIT. Di tengah perjalanan kondisi gelombang cukup tinggi mencapai 2,5 meter-3 meter. Selama perjalanan tidak ada peralatan yang rusak, cuma genset yang mengalami kerusakan," ujar Suhardi.

Kepala Biro Kesehatan LPMAK Yusuf Nugroho mengatakan kapal klinik terapung tersebut memiliki panjang 17 meter dan lebar delapan meter dilengkapi dengan kamar bedah, ruang tunggu pasien, poliklinik, ruang opname, ruang obat dan ruang dokter.

Fasilitas lain yang tersedia yaitu peralatan USG dan dopler, peralatan pemeriksaan jantung, peralatan pemeriksaan kimia darah, mikroskop dan lainnya.

Kapal klinik terapung tersebut dirakit di galangan kapal PT Indo Raya Gresik, Jawa Timur. Kapal ini berbahan aluminium atau logam putih perak ringan yang seluruh materialnya didatangkan dari Australia.

Kapal klinik terapung tersebut tidak menggunakan baling-baling tetapi memakai jet air disesuaikan dengan kondisi perairan di wilayah pesisir Mimika yang sangat bergantung pada kondisi pasang surut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper