Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemandirian Industri Kedirgantaraan Perlu Ditingkatkan

Kementerian Perindustrian menilai bahwa kemandirian industri kedirgantaraan nasional perlu ditingkatkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap komponen impor.
Shahnaz Yusuf
Shahnaz Yusuf - Bisnis.com 18 September 2015  |  22:02 WIB
Pesawat CN-295 produksi PT Dirgantara Indonesia (DI), Bandung, Jabar, Senin (12/1/2015). - Antara/Andika Wahyu
Pesawat CN-295 produksi PT Dirgantara Indonesia (DI), Bandung, Jabar, Senin (12/1/2015). - Antara/Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian menilai bahwa kemandirian industri kedirgantaraan nasional perlu ditingkatkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap komponen impor.

Direktur Industri Maritim, Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Hasbi Assidiq Syamsudin mengatakan bahwa saat ini industri komponen dalam negeri baru bisa membuat komponen yang sederhana.

Untuk itu pihaknya siap melakukan bimbingan teknis yang meliputi peningkatan kapasitas keahlian, proses produksi hingga managemen agar local content dalam pesawat terbang nasional bisa ditingkatkan.

“Kalau kita bikin pesawat, komponen semua dari luar, itu namanya ketergantungan. Kalau itu terjadi, posisi kita lemah dan itu berbahaya,” jelasnya, Jumat (18/9/2015).

Dia mengatakan ketersediaan komponen lokal diharapkan bisa memancing maskapai dan pemilik pesawat terbang untuk menggunakan jasa servis di dalam negeri.

“Bagaimana industri dirgantara bisa tumbuh dan kuat, supaya jangan lagi ke luar negeri untuk repairing. Kenapa harus ke luar? Komponennya dari dalam saja,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri pesawat terbang
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top