Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Infrastruktur Pendukung Sail Tomini Bakal Rampung Tepat Waktu

Pemerintah optimistis pembangunan infrastruktur pendukung Sail Tomini 2015 dapat selesai tepat waktu. Saat ini kemajuan pelaksanaan fisik telah mencapai lebih dari 90%.
Sail Tomini/kemenkopmk.go.id
Sail Tomini/kemenkopmk.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah optimistis pembangunan infrastruktur pendukung Sail Tomini 2015 dapat selesai tepat waktu. Saat ini kemajuan pelaksanaan fisik telah mencapai lebih dari 90%.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Andreas Suhono menegaskan bahwa di tengah pesimisme banyak pihak, dirinya tetap optimisme pembangunan infrastruktur pendukung tersebut dapat selesai tepat waktu.

Puncak acara Sail Tomini 2015 akan diselenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah pada 19 September 2015. Untuk memastikan kesiapan infrastruktur bidang Cipta karya dalam mendukung Sail Tomini, Andreas Suhono meninjau langsung persiapan tersebut pada Jumat (28/8/2015) lalu di Pantai Kayu Bura, Desa Parigi, Kabupaten Parigi Moutong.

"Kesiapan infrastruktur pendukung Sail Tomini ini dapat dipastikan sudah hampir selesai, kurang lebih 90%," kata Andreas seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Senin (31/8/2015).

Infrastruktur bidang Cipta Karya untuk mendukung Sail Tomini antara lain berupa Pelataran Upacara Puncak Sail Tomini dan infrastruktur dasar permukiman antara lain prasarana air limbah kawasan khusus, prasarana sanitasi terpadu, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal melalui program Sanitasi Berbasis masyarakat (SANIMAS), prasarana persampahan, Instalasai Pengolahan Sampah Terpadu (IPST) 3R, sistem drainase primer kawasan khusus, dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Sementara, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan sangat optimis pekerjaan tersebut dapat selesai sebelum hari puncak Sail Tomini dan akan menambah shift pekerjaannya.

“Kita sangat optimis sebelum puncak Sail Tomini semuanya sudah dapat terselesaikan, dan 5 September 2015 akan digelar upacara adat mompeura atau adat naik rumah baru di pondokan Presiden Djoko Widodo di Tasi Kayu Bura, serta diadakannya pekan budaya Sulteng mulai 13 – 16 September 2015,“ kata Longki.

Selain untuk mendukung Sail Tomini 2015, Ditjen Cipta Karya juga membangun infrastruktur permukiman pendukung Festival Boalemo Provinsi Gorontalo. Sehari sebelum meninjau kesiapan Sail Tomini, Andreas berkesempatan meninjau kemajuan pelaksanaan pembangunan infrastruktur pendukung Festival Boalemo yang rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden RI pada 9 September 2015.

Infrastruktur yang dibangun antara lain Pelataran Upacara Puncak Festifal Boalemo, Peningkatan Kualitas Permukimam Kumuh Kawasan Pentadu Barat – Pentadu Timur, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, serta pemasangan pipa sepanjang 7.460 m untuk optimalisasi SPAM yang sudah ada.

Dalam kunjungannya ke Boalemo, Dirjen Cipta Karya didampingi kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Gorontalo beserta para Satuan Kerja (Satker) sektor Cipta Karya dan disambut oleh Bupati Boalemo beserta jajarannya. Dirjen Cipta Karya juga mengharapkan agar pekerjaan di atas dapat segera diselesaikan sesuai jadwal.

“Segera rapihkan pekerjaan di pelataran utama dan usahakan tidak ada lagi pekerjaan tambahan,” imbau Andreas kepada para Satker bidang Cipta Karya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper