Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ALI: Pemerintah Cukup Gandeng Swasta Penuhi Transportasi Laut

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita menilai pemerintah tak perlu membeli kapal untuk mewujudkan tol laut. Menurutnya, swasta telah menyediakan armada yang cukup terlebih saat ini kondisinya masih banyak menganggur.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 20 Agustus 2015  |  01:49 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA--Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita menilai pemerintah tak perlu membeli kapal untuk mewujudkan tol laut. Menurutnya, swasta telah menyediakan armada yang cukup, terlebih saat ini kondisinya masih banyak menganggur.
 
Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memprioritaskan pengadaan transportasi laut, peneyeberangan, dan pelayaran rakyat dengan menganggarkan Rp34,3 triliun pada tahun depan. Total anggaran untuk pengadaan berbagai jenis kapal hingga 2019 tercatat sebesar Rp101,74 triliun.
 
Untuk kapal, pemerintah tidak perlu membeli tapi mengajak swasta untuk berpartisipasi karena sekarang ini banyak kapal milik swasta yangnganggur, katanya, Selasa (19/8/2015).
 
Bappenas mencatatkan bahwa peran transportasi laut di Indonesia baru mencapai 4% dari seluruh transportasi yang bergerak dimana sharetersebut masih kecil bagi sebuah negara kepulauan. Menurut Zaldi, tol laut perlu memprioritaskan pembangunan pelabuhan di kawasan timur agar kapal besar bisa merapat dan bongkar muat bisa cepat.
 
Seperti diketahui, dwelling time di sejumlah pelabuhan strategis relatif masih tinggi yaitu sekitar lima hari atau terendah di ASEAN. Sementara, waktu tunggu atau waiting time pelabuhan startegis juga tinggi mencapai 27-47 jam, sedangkan rata-rata negara ASEAN hanya dua jam.
 
Untuk tol laut yang prioritas adalah pembangunan pelabuhan di timur agar kapal besar bisa merapat dan bongkar muat bisa cepat. Prioritas kedua membangun logistic center di pelabuhan-pelabuhan di timur, jelasnya.
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik transportasi laut
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top