Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Proyek Infrastruktur Kementerian PU PR di Sumut

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan Sumatra Utara pada pemerintahan Kabinet Kerja menjadi salah satu daerah prioritas pembangunan infrastruktur. Berikut beberapa proyek yang realisasinya tengah digenjot oleh Kementeria PU PR.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MEDAN--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan Sumatra Utara pada pemerintahan Kabinet Kerja menjadi salah satu daerah prioritas pembangunan infrastruktur. Berikut beberapa proyek yang realisasinya tengah digenjot oleh Kementeria PU PR.

Pertama, jalan tol yang menghubungkan Medan, Binjai dan Tebing Tiggi. Adapun alokasi anggaran untuk tol Medan Binjai mencapai Rp1,6 triliun dan ditargetkan beroperasi pada tahun depan. Sementara itu, jalan tol Binjai-Tebing Tinggi diproyeksi rampung pada 2017.

"Ada beberapa kilometer lagi yang belum dibebaskan lahannya. Tapi kami akan terus mengusahakan percepatan pembangunannya. Kemudian, pembangunan Bendungan Lau Simeme di Deli Serdang. Untuk bendungan ini kami akhirnya sudah mencapai kesepakatan antara saya, Kementerian Kehutanan dan Kementerian BUMN," kata Basuki, Kamis (6/8/2015).

Rencana pembangunan Lau Simeme sempat tertahan izin pinjam pakai hutan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Basuki meyebutkan, pada tahun depan, persiapan pembangunan bendungan akan dimulai dan ditargetkan selesai maksimal 2019. Adapun, Kementerian PU PR mengestimasi pembangunan ini akan menghabiskan anggaran Rp1,2 triliun.

Bendungan Lau Simeme merupakan salah satu proyek andalan di Sumut. Selain akan digunakan untuk pasokan air minum, Lau Simeme juga digunakan untuk PLTA, dan irigasi.

"Kemudian, kami akan memperbaiki jalur menuju kawasan wisata Danau Toba. Ini menjadi salah satu perhatian karena jalan dari Tarutung menuju Muara itu jelek sekali. Padahal kami menginginkan, Danau Toba menjadi andalan pariwisata Indonesia," pungkas Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper