Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Penumpang di Tanjung Perak Naik 9% Saat Musim Mudik

Hasil evaluasi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mencatat arus penumpang mudik lebaran tahun ini yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengalami kenaikan 9% dibandingkan dengan tahun lalu.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 05 Agustus 2015  |  10:18 WIB
Ilustrasi-Mudik Tanjung Perak - Antara
Ilustrasi-Mudik Tanjung Perak - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil evaluasi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mencatat arus penumpang mudik lebaran tahun ini yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengalami kenaikan 9% dibandingkan dengan tahun lalu.

Kenaikan tersebut tercermin dari catatan posko arus mudik yang ada di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN).

Kepala Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak Dhany Rachmad Agustian menjabarkan pada H+15 Idulfitri tercatat  179.493 orang naik dan turun, dengan rincian 90.888 orang penumpang turun, 11.918 orang penumpang lanjutan, dan 76.687 orang yang naik.

“Jumlah tersebut naik dibandingkan dengan 2014 , yang tercatat sebanyak total 164.140 orang,” paparnya dalam siaran pers yang dilansir, Rabu (5/8/2015).

Dia mengungkapkan puncak arus mudik terjadi pada H-7 (10/7/15) dengan penumpang turun dari luar Pulau Jawa sebanyak 8.157 penumpang dalam satu hari dan puncak arus balik terjadi pada H+12 (30/7/15) sebanyak 8.481 penumpang.

Para penumpang kebanyakan merupakan para pekerja sektor nonformal yang punya waktu cuti lebih panjang untuk berlebaran di kampung halaman.

Pelindo III sendiri menghelat beberapa kegiatan mudik dengan bus untuk penumpang kapal Pelni yang akan melanjutkan perjalanan ke daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang dimulai dari Semarang dan Surabaya.

Selain itu juga adanya mudik gratis pengendara motor dengan menggunakan motor dari Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Perak Surabaya, serta mudik naik kapal bekerja sama dengan Pemprov Jatim yang kesemuanta telah berjalan dengan sukses dan cukup diminati.

“Melihat animo masyarakat terhadap program mudik gratis yang cukup baik, kami akan melakukan beberapa evaluasi terkait program mudik tersebut dan semoga di tahun depan kami dapat menyediakan program mudik gratis yang lebih variatif dengan kapasitas yang lebih banyak dari tahun ini”, tambah Dhany.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanjung perak Mudik Lebaran
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top