Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astratel Masuk Ruas Tol Semarang-Solo

PT Astratel Nusantara, anak usaha PT Astra International Tbk di bidang infrastruktur dan logistik pada hari ini (29/7) menuntaskan akuisisi 25% saham PT Trans Marga Jateng (TMJ), operator yang memiliki dan mengelola ruas jalan tol Semarang–Solo sepanjang 72,64 km.nn
Ilustrasi/ Proyek jalan tolAntara
Ilustrasi/ Proyek jalan tolAntara

Bisnis.com, JAKARTA—PT Astratel Nusantara, anak usaha PT Astra International Tbk di bidang infrastruktur dan logistik pada hari ini (29/7) menuntaskan akuisisi 25% saham PT Trans Marga Jateng (TMJ), operator yang memiliki dan mengelola ruas jalan tol Semarang–Solo sepanjang 72,64 km.

Dalam siaran pers yang disampaikan Rabu (29/7/2015), manajemen Astratel menyampaikan bahwa dengan selesainya proses akuisisi ini, komposisi kepemilikan saham masing-masing adalah menjadi: PT Jasa Marga 73,9%, PT Astratel Nusantara 25%, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah 1,1%.

Ruas tol Semarang - Solo terdiri dari 5 seksi. Saat ini seksi 1 Semarang - Ungaran sepanjang 10,8 km dan seksi 2 Ungaran - Bawen sepanjang 11,9 km sudah beroperasi. Sedangkan seksi 3, ruas Bawen - Salatiga sepanjang 17,3 km masih dalam proses konstruksi.

Sementara itu, seksi 4 dan 5 Salatiga – Boyolali sepanjang 24,1 km dan Boyolali – Kertosuro sepanjang 8,41 km masih dalam tahap pembebasan lahan. Diharapkan seluruh ruas ini dapat diselesaikan dan beroperasi pada tahun 2017.

Ruas jalan tol Semarang – Solo merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang selain menghubungkan kedua kota tersebut, juga akan menjadi penghubung berbagai kota di Jawa Tengah dan akses ke Yogyakarta.

Dengan tuntasnya akuisisi saham tersebut, PT Astratel Nusantara (AN) kini memiliki empat ruas jalan tol melalui kepemilikan saham di empat perusahaan, yaitu:

1. PT Marga Mandalasakti (MMS), dengan kepemilikan 79,31% saham, memiliki ruas tol Tangerang –Merak sepanjang 72,45 km. Telah beroperasi 100%.

2. PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), dengan kepemilikan 95%, memiliki ruas tol Jombang –Mojokerto sepanjang 40,5 km. Seksi 1 telah beroperasi dan seksi 2- 4 sedang dalam proses pembebasan lahan dan pararel seksi 2-3 dalam proses konstruksi.

3. PT Marga Trans Nusantara (MTN), dengan kepemilikan 40%, memiliki ruas tol Serpong – Kunciran sepanjang 11,25 km. Ruas ini sedang dalam proses pembebasan lahan.

4. PT Trans Marga Jateng (TMJ), dengan kepemilikan 25%, memiliki ruas tol Semarang – Solo sepanjang 72,64 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper