Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIFTING MIGAS: Pertamina Hulu Energi WMO Bukukan Kenaikan Produksi

Di tengah tren koreksi ke bawah harga minyak dunia, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) berhasil mencatatkan total produksi minyak sejumlah 15.490 barel/hari dan gas bumi 110,15 juta kaki kubik/hari pada April.
Ilustrasi: Aktivitas di Kapal FSO Pertamina Abherka milik PHE WMO/Antara-Wahyu Putro A
Ilustrasi: Aktivitas di Kapal FSO Pertamina Abherka milik PHE WMO/Antara-Wahyu Putro A

Bisnis.com, SURABAYA—Di tengah tren koreksi ke bawah harga minyak dunia, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) berhasil mencatatkan total produksi minyak sejumlah 15.490 barel/hari dan gas bumi 110,15 juta kaki kubik/hari pada April.

Padahal, Presiden PHE WMO Boyke Pardede mengaku perusahaan pimpinannya telah melakukan beberapa penyesuaian sejak reli penurunan harga minyak global dimulai tahun lalu.

“Bagaimanapun kami tetap melakukan aktivitas pengeboran sumur pada 2015 guna menjaga tingkat produksi tahun ini. Target kami tahun ini, total produksi minyak mencapai 14.373 BOPD dan gas bumi 110,83 MMSCFD,” katanya di Surabaya, Kamis (2/7/2015) petang.

Boyke mengatakan sepanjang 2014, PHE WMO berhasil membukukan produksi minyak di Blok Madura sejumlah 20.292 BOPD, naik dari capaian tahun sebelumnya sebanyak 18.086 BOPD.

Adapun, produksi gas alam di Blok Madura pada tahun lalu menembus 116,5 MMSCFD. Angka tersebut melampaui pembukuan produksi gas PHE WMO pada 2013 sejumlah 114,5 MMSCFD.

“Capaian produksi PHE WMO mampu melampaui target lifting migas yang dipatok pemerintah, dengan catatan keselamatan dan keamanan kerja yang baik,” sambung Boyke.

Dia menambahkan pada 2014, PHE WMO berhasil menambah produksi migas setelah melakukan 147 aktivitas well works yang mampu menyumbang tambahan produksi sejumlah 1.254 BOPD dan 9,53 MMSCFD.

Selain itu, kata Boyke, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) itu juga merampungkan akuisisi seismik broadband 3D di areal KE-5 seluas 892 kilometer persegi. “Ini merupakan salah satu upaya kami mencari dan menambah cadangan migas baru di blok WMO.”

Kegiatan lain yang terlaksana sesuai jadwal adalah pemindahan pipa eksisting penyalur gas bawah air berdiameter 16 inchi. Pipa itu merupakan peninggalan Kodeco Energy Co. Ltd. di alur pelayaran dan akan direlokasi ke sisi terluar sebelah timur alur pelayaran.

Tahun ini, kata Boyke, PHE WMO juga membuat program baru, yaitu Pengembangan Usaha dan Perluasan Pemasaran. Program itu menyasar kelompok usaha pengolahan hasil laut Pranspul di Desa Sepulu, Bangkalan, Madura.

“Bentuk kegiatannya mencakup pendampingan perluasan jejaring pasar melalui diversifikasi kemasan, plank, kartu nama, media online, dan sertifikasi halal. Kami juga melakukan perbaikan untuk sarana produksi,” imbuhnya.

Hasil dari program tersebut, jelasnya, diikutsertakan dalam Pameran IPA di Jakarta pada Mei.  “Kelompok Pranspul juga mendapatkan undangan mengikuti pameran di Batam sebagai utusan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper