Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Danai Pemberangkatan TKI, Koperasi Harus Gandeng Bank

Lembaga pembiayaan nonbank berbentuk koperasi kini tidak lagi diperkenankan untuk menangani pembiayaan pemberangkatan calon tenaga kerja Indonesia (TKI).
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 28 Juni 2015  |  16:25 WIB
Ingin Danai Pemberangkatan TKI, Koperasi Harus Gandeng Bank
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Lembaga pembiayaan nonbank berbentuk koperasi kini tidak lagi diperkenankan untuk menangani pembiayaan pemberangkatan calon tenaga kerja Indonesia (TKI).

Pasalnya pemerintah telah menunjuk lima bank, yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, BII Maybank, dan Bank Sinar Mas untuk menyalurkan kredit usaha rakyat untuk keperluan pembiayaan TKI.

"Kami melalui OJK [Otoritas Jasa Keuangan] telah menunjuk lima bank itu, jadi koperasi tidak lagi bisa," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Nusron Wahid kepada Bisnis, Jumat (26/6/2015).

Dia menambahkan, apabila koperasi tersebut tetap menginginkan melakukan pembiayaan terhadap TKI, maka koperasi itu harus bermitra dengan diantara lima bank tersebut. "Kalau mau haru berjaringan," tegasnya.

Peran koperasi sengaja dihilangkan oleh pemerintah karena menerapkan bunga yang sangat besar, bahkan mencapai 54%. Adapun dengan penunjukan pihak perbankan, maka bunga yang ditetapkan hanya sebesar 12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

koperasi perlindungan tki
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top