Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA CABAI: Di Bali Melonjak Ke Rp22.000 Per Kilogram

Harga cabai besar di pasar tradisional di Denpasar, Bali, mencapai Rp22.000 per kilogram atau naik Rp7.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp15.000 per kilogram, Senin (15/6/2015).
Pasar Tradisional. /Antara
Pasar Tradisional. /Antara

Bisnis.com, DENPASAR  - Harga cabai besar di pasar tradisional di Denpasar, Bali, mencapai Rp22.000 per kilogram atau naik Rp7.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp15.000 per kilogram, Senin (15/6/2015).

"Kenaikan harga cabai besar saat ini akibat banyaknya permintaan dari konsumen yang tidak dibarengi dengan hasil panen dari petani," ujar Made Seni, seorang pedagang di Pasar Badung, Bali.

BACA JUGA: Jokowi Marah, "Saya Kejar yang Mainkan Harga Bahan Pokok..."

Menurut dia, penyebab lain dari melonjaknya harga cabai besar saat ini juga karena barang yang ada di distributor dikirim ke luar Pulau Bali.

Oleh sebab itu, ia mengharapkan kepada pemerintah agar meninjau distributor cabai besar agar kondisi harga kembali stabil.

"Untuk harga cabai rawit saat ini justru lebih murah dimana mencapai Rp18.000 per kilogram, dibandingkan sebelumnya Rp20.000 per kilogram," ujarnya.

Apabila harga cabai besar itu terus naik, ucap dia, dikhawatirkan permintaan konsumen akan turun, sehingga stok yang ada akan membusuk.

Putu Agustini, seorang pedagang di Kumbasari, Denpasar, Bali, juga menduga kenaikan harga cabai besar mencapai Rp22.000 per kilogram disebabkan karena belum adanya musim panen dari petani dan ketersediaan barang di agen sudah menipis.

"Saya berharap harga cabai besar kembali stabil, dan untuk harga cabai rawit saat ini sudah murah dengan kisaran harga Rp20.000 per kilogramnya dibandingkan sebelumnya mencapai Rp25.000 per kilogramnya," ujar Agustini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper