Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Bongkar Muat TPKS Tanjung Emas Melonjak

Terminal Peti Kemas Semarang, Pelabuhan Tanjung Emas mencatatkan realisasi bongkar muat kontainer tertinggi sepanjang 2015 pada Mei.

Bisnis.com, SEMARANG–Terminal Peti Kemas Semarang, Pelabuhan Tanjung Emas, mencatatkan realisasi bongkar muat kontainer tertinggi sepanjang 2015 pada Mei.

Pada bulan lalu, realisasi handling atau bongkar muat di TPKS mencapai 35.217 Box atau 57.194 twentyfoot equivalent units TEUs. Jumlah tersebut bahkan melampaui realisasi produksi pada April 2015, yakni 32.808 box atau 54.263 TEUs atau tertinggi sejak terminal dioperasionalkan.

”Capaian Mei 2015 yang mencetak rekor baru ini sedikit diluar dugaan, kenaikannya mencapai 5,4% dibandingkan bulan sebelumnya yang mana sudah membuat rekor,” ungkap Manager Operasi TPKS, sekaligus Plh General Manager TPKS, Edy Sulaksono dalam keterangan resmi, Rabu (3/6/2015).

Edy menurutkan tren peningkatan arus petikemas ekspor tersebut menunjukan gairah sektor bisnis yang meningkat di kawasan hinterland di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Hal itu juga mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang juga dimotori berkembangnya sektor industri di kedua wilayah tersebut.

“Pertumbuhan ekonomi juga pasti akan bersinergi ikut naik, seiring dengan meningkatnya throughput petikemas TPKS,” katanya.

Jika dibandingkan dengan Mei 2014 yang mencatat handling 32.972 Box atau 52.757 TEUs, realisasi bulan lalu meningkat 8,4%.

Sedangkan, tiga bulan pada kuartal I/2015, TPKS masing-masing membukukan container handling sebesar 52.308 TEUs, 47.759 TEUs dan 51,397 TEUs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper