Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop UKM Latih Pengusaha Medan Berorientasi Ekspor

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan untuk meningkatkan kompetensi agar memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi SDM koperasi dan UKM yang berorientasi ekspor di Medan, Sumatera Utara
 ilustrasi./
ilustrasi./

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan untuk meningkatkan kompetensi agar memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi SDM koperasi dan UKM yang berorientasi ekspor di Medan, Sumatera Utara.

"Menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean, standar kompetensi kerja adalah sesuatu yang sangat penting," kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS, Jumat (29/5/2015).

Dia mengatakan pelatihan yang dilaksanakan menggunakan konsep berbeda yakni langsung praktik dan implementasi dalam kelas-kelas. Setidaknya ada 17 kelas untuk berbagai materi yang diikuti ratusan peserta termasuk keluarga petani dan nelayan serta mahasiswa yang telah merintis usaha.

Lebih lanjut, dia menekankan pentingnya bagi KUKM yang berorientasi ekspor untuk menjaga kualitas dan kontinuitas produk

"Ini merupakan bagian dari SKKNI yang harus dipenuhi oleh SDM KUKM ekspor kita agar bisa bersaing di pasar bebas. Yang juga penting yakni harus mau belajar lebih mengenali karakter dan budaya negara tujuan ekspor," katanya.

Menurutnya, Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki potensi dalam banyak hal. Selain produk  KUKM yang dihasilkan dari daerah itu juga berkualitas, Medan dengan penduduk yang padat juga potensial menjadi pasar.

Pelatihan yang digelar di lembaga kewirausahaan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) itu merupakan bagian dari pelatihn terpadu yang dilaksanakan Deputi Bidang SDM Kementerian Koperasi dan UKM selain pelatihan bagi aparatur dan penyuluh koperasi. Di samping juga dilakukan workshop untuk menggali ide bisnis, pelatiahan pengawas koperasi KSP/USP/KJKS, dan pelatihan TOT bagi koperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper