Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Magang Adalah Solusi Atasi Pengangguran

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai program pemagangan adalah solusi yang bisa dilakukan untuk menekan angka pengangguran muda. Saat ini, 71,3% pengangguran usia muda di Asia Pasifik berasal dari Indonesia.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 28 Mei 2015  |  18:16 WIB
/cilacap.olx.co.id
/cilacap.olx.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai program pemagangan adalah solusi yang bisa dilakukan untuk menekan angka pengangguran muda. Saat ini, 71,3% pengangguran usia muda di Asia Pasifik berasal dari Indonesia.

Untuk itu Indonesia memerlukan 15,5 juta lapangan kerja pada periode 2014-2019 untuk menyerap 8,3 juta tambahan angkatan kerja dan pengangguran pada 2013 sebesar 7,2 juta orang.

"Magang adalah solusi. Pemagangan menjadi sangat penting karena 71,3% dari pengangguran adalah pemuda," kata Wakil Ketua Umum Apindo Suryadi Sasmita di Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Saat ini, kata dia, masyarakat harus mengubah kesan tentang pemagangan. Dia meminta kepada seluruh pihak untuk menjadikan proses magang sebagai sebuah proses pembelajaran.

"Pandangan orang harus diubah kalau magang itu harusnya bukan kerja, tapi sekolah yang dibayar. Kalau ada konsep itu maka dia akan ikut magang dengan motivasi mencari ilmu."

Di sisi lain Suryadi juga meminta kepada perusahaan untuk tidak memanfaatkan tenaga magang. Artinya apabila tenaga magang yang bersangkutan telah memiliki kompetensi baik maka dia harus diangkat menjadi pekerja tetap.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lapangan kerja magang
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top