Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perhutani Salurkan Pupuk Subsidi untuk Petani Hutan

Perum Perhutani akan memfasilitasi penyaluran pupuk bersubsidi kepada para petani desa hutan di beberapa daerah dalam kawasan hutan.
Ihda Fadila
Ihda Fadila - Bisnis.com 26 Mei 2015  |  22:25 WIB
Pupuk bersubsidi - Ilustrasi
Pupuk bersubsidi - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Perhutani akan memfasilitasi penyaluran pupuk bersubsidi kepada para petani desa hutan di beberapa daerah dalam kawasan hutan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan hal ini telah disepakati antara Kementerian Pertanian, KLHK, dan Perhutani dalam mendukung kedaulatan pangan.

"Sudah disepakati Kementerian Pertanian lewat Perhutani," katanya seusai melakukan temu wicara dengan kelompok tani hutan, Selasa (26/5/2015).

Menurutnya, para petani hutan ini akan terus didorong untuk melakukan penanaman agroforestry, seperti jagung, padi, dan sebagainya.

Dalam melaksanakan instruksi tersebut, Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar mengatakan pihaknya menyiapkan areal tanam tumpang sari seluas 267.000 hektare tahun ini. Lahan tersebut tersebar di seluruh areal Perhutani di Jawa, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten.

Di lahan tersebut, ucapnya, penanaman dengan jarak yang lebih luas akan terus didorong dibandingkan dengan yang ada sebelumnya. Perhutani akan menyiapkan satu klaster adaptif.

"Pada masa lalu penggunaan jarak tanam biasanya 2x3 meter atau 3x3 m. Sekarang yang jauh lebih lebar, misal 6x2 m," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Mustoha menyarankan kepada para petani desa hutan untuk segera mengajukan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) kepada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di sekitarnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kehutanan KLHK Tachrir Fathoni mengatakan rencana ini menyusul adanya kebijakan pemberian pupuk bersubsidi yang mulai tahun ini berlaku pula untuk petani yang tidak hanya memiliki lahan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk subsidi perhutani
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top