Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INSTRUKSI PRESIDEN: Kementerian Diminta Segera Tunjuk Pejabat Eselon I

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta kementerian dan lembaga negara segera mengisi posisi eselon satu yang kosong dan fokus membenahi kelembagaannya untuk meningkatkan serapan anggaran.
Presiden Joko Widodo/Reuters
Presiden Joko Widodo/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta kementerian dan lembaga negara segera mengisi posisi eselon satu yang kosong dan fokus membenahi kelembagaannya untuk meningkatkan serapan anggaran.

Dalam sambutannya sebelum sidang kabinet paripurna, Jokowi mengatakan hingga kini masih ada kementerian dan lembaga negara yang serapan anggarannya rendah.

Untuk itu, kementerian dan lembaga negara itu harus konsentrasi menyelesaikan permasalahan yang menghambat penyerapan anggaran.

“Mungkin masih ada beberapa persoalan yang belum diselesaikan, baik mengenai kelembagaan maupun pengisian pejabat eselon satunya. Ini harus segera diselesaikan,” katanya di Kantor Presiden, Selasa (19/5).

Jokowi menuturkan penyerapan anggaran di kementerian dan lembaga negara akan memacu pertumbuhan perekonomian nasional. Hal itu harus menjadi fokus kementerian, agar serapan anggarannya sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya.

Menurutnya, saat ini serapan anggaran 15 kementerian dan lembaga negara yang terbesar telah lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sehingga diperkirakan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua tahun ini.

“Realisasi belanja untuk 15 kementerian dan lembaga negara terbesar per 15 Mei 2015 lebih tinggi dibandingkan dengan 2014. Semoga nanti dapat memacu pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua dan berikutnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper