Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kuartal I/2015, Sektor Riil Terpuruk

Kinerja sektor riil memburuk sepanjang kuartal I/2015. Performa seluruh sektor turun berdasarkan laporan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 30 April 2015  |  12:11 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kinerja sektor riil memburuk sepanjang kuartal I/2015. Performa seluruh sektor turun berdasarkan laporan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Apindo melaporkan penurunan paling tajam dialami oleh sektor properti dan hotel, yakni hingga 40%. Sektor ritel anjlok 25%, disusul otomotif 20%. Sektor makanan dan minuman yang biasanya kebal terhadap guncangan ekonomi, kali ini terkontraksi 10%.

"Kuartal I/2015 memprihatinkan, hampir di seluruh sektor. Saya belum mendapat laporan dari teman-teman di Apindo yang mencatat kondisinya positif," katanya seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (30/4/2015).

Apindo juga menyoroti target penerimaan pajak yang terlampau tinggi demi ambisi pemerintah menggeber pembangunan dalam waktu singkat. Target yang terlalu besar itu akhirnya mendistorsi perekonomian, termasuk dunia usaha.

"Saya setuju ambisi besar penting untuk pembangunan kita, tapi harus dilihat juga langkah-langkah yang akan terjadi seperti apa," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apindo sektor riil
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top