Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mayday: Ini 7 Tuntutan Buruh Tahun Ini

Ada tujuh tuntutan yang akan diserukan oleh aliansi buruh se Indonesia kala peringatan Hari Buruh (May Day) yang akan dilaksanakan besok, (1/5/2015).

Kabar24.com, JAKARTA--Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan ada tujuh tuntutan yang akan diserukan oleh aliansi buruh se Indonesia kala peringatan Hari Buruh (May Day) yang akan dilaksanakan besok, (1/5/2015).

Salah satu tuntutan yang akan diteriakkan adalah soal jaminan sosial bagi pekerja. Persatuan buruh mendesak perusahaan untuk mendaftarkan seluruh buruh formal menjadi peserta dana pensiun ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami berharap perusahaan tak hanya mendaftarkan pekerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tetapi mengikuti program dana pensiun. Kami ingin seluruh buruh formal di DKI dan provinsi lain terdaftar pada 1 Juli 2015," katanya, Kamis (30/4/2015).

Said juga meminta pihak BPJS Ketenagakerjaan memperbaiki manajemen sehingga dapat menunjukkan kinerja yang transparan dan terukur. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah menggelar dengar pendapat dengan melibatkan serikat buruh.

Terkait peringatan Hari Buruh atau May Day, KSPI dan beberapa aliansi buruh juga menyuarakan tuntutan lain yang akan disampaikan pada peringatan Hari Buruh 1 Mei 2015. Beberapa tuntutan tersebut, yaitu:

1. Penolakan upah murah,
2. Pembayaran jaminan pensiun
3. Penambahan anggaran jaminan kesehatan Rp30 triliun
4. Penghapusan pekerja kontrak (outsourcing)
5. Penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak, elpiji, dan listrik
6. Penurunan harga bahan-bahan pokok
7. Penghentian keserakahan perusahaan (end corporate greed).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper