Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENTERI ESDM: Premium Dihapus, Konsumsi Energi Nasional Makin Bersih

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan penghapusan Premium RON 88 membuat konsumsi energi nasional semakin bersih. Namun, pelaksanaannya masih dikaji Pertamina dan BPH Migas.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan penghapusan Premium RON 88 membuat konsumsi energi nasional semakin bersih. Namun, pelaksanaannya masih dikaji Pertamina dan BPH Migas.

"Itu langkah transisi hilangkan RON 88 karena kita ingin energi kita makin bersih tapi Pertamina sedang kaji dengan BPH Migas jadi kita tunggu saja," ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (18/4).

Sudirman memaparkan langkah tersebut dipertimbangkan dari dua aspek. Pertama, premium sudah tidk digunakan di banyak negara. Kedua, premium membuat Pertamina ketergantungan pada negara lain untuk proses pencampuran BBM (blending).

"Memang premium dalam pengadaan buat Pertamina tergantung pada blending di luar, nanti dengan perpindahan ini sepenuhnya akan gunakan kapasitas nasional, jadi secara government dan tata kelola lebih baik," imbuhnya.

Menurutnya, langkah penghapusan Presmium juga sejalan dengan rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang dipimpin Faisal Basri.

Mulai bulan depan, PT Pertamina (Persero) akan menghapus bensin premium RON 88 di beberapa SPBU kota-kota besar. Premium akan diganti Pertalite dengan RON 90-91 yang kualitasnya mendekati Pertamax dengan RON 92.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper