Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima Pulau Siap Dikelola Investor Tahun Ini

Lima pulau kecil di Indonesia siap dikelola oleh investor tahun ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA—Lima pulau kecil di Indonesia siap dikelola oleh investor tahun ini. Para investor sedang mengurus proses perizinan untuk pengelolaan pulau tersebut.

Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil Ditjen KP3K KKP Rido Miduk Sugandi Batubara mengatakan kelima pulau itu adalah adalah Pulau Liwungan di Pandeglang Banten untuk resort, Gugus Pulau Pari di Kepulauan Seribu untuk resort, Pulau Bawah di Anambas untuk dermaga yacht, Pulau Gili Gede di Lombok Barat untuk resort, dan Pulau Gili Kondo di Lombok Timur untuk resort.

Dari total lima pulau ini, sebanyak tiga investor merupakan asing, yaitu dari Singapura, Spanyol, dan Australia. Sementara dua investor lainnya berasal dari lokal.

“Tapi itu baru lima pulau yang sedang proses izin. Yang ngantri masih banyak. Mereka lagi penjajakan,” katanya, Rabu (15/4/2015).

Dia menambahkan ada sekitar lima investor yang mulai menjajaki investasi di pulau kecil ini. Diantarnaya tiga pulau di Anambas dan dua pulau dia sekitar Pandeglang, dekat Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

“Yang berminat itu Inggris, Cina, Singapura. Cina untuk mutiara. Baru penjajakan semua,” ujarnya.

Dari lima pulau yang sedang diurus proses perizinannya, lanjutnya, nilai investasinya sekitar Rp5 triliun. Dengan demikian, estimasti perolehan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari lima pulau ini sekitar Rp5 miliar.

Namun, melihat banyaknya antrian investor untuk lima pulau lainnya, Rido mengatakan tahun ini nilai investasi di pulau kecil bisa melebihi jumlah Rp5 triliun.

KKP sendiri menargetkan tiap tahunnya investasi pulau-pulau kecil ini sebanyak lima pulau per tahun dengan target investasi senilai Rp2 triliun per tahun. Dari target investasi itu, pemerintah menargetkan dapat memperoleh PNBP sebesar Rp2 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper