Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dicabut

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka peluang untuk mencabut subsidi pada elpiji 3 kilogram, dan mengalihkannya dalam bentuk subsidi langsung.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 08 April 2015  |  16:13 WIB
Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dicabut
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka peluang untuk mencabut subsidi pada elpiji 3 kilogram, dan mengalihkannya dalam bentuk subsidi langsung.

Sudirman Said, Menteri ESDM, mengatakan pemerintah masih mencari pola penyaluran elpiji 3 kg yang tepat, untuk menghindari penyelewengan di lapangan. Salah satu yang dikaji adalah pemberian subsidi kepada masyarakat langsung, dan mencabut subsidi pada produk elpiji tabung melon tersebut.

“Apakah bisa nanti suatu ketika, dan memang cetak birunya mengatakan harga [LPG] tunggal. Subsidinya bukan kepada produknya, tetapi kepada orangnya langsung,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/4).

Sudirman menuturkan saat ini pihaknya melakukan dialog dengan tim yang menangani kartu keluarga sejahtera, untuk melihat peluang penggunaan kartu tersebut digunakan untuk membeli elpiji dan membayar tagihan listrik dengan harga subsidi.

Menurutnya, pemerintah juga akan melaksanakan proyek percontohan mekanisme tersebut di daerah yang lebih mudah dikelola sebelum diterapkan secara nasional.

Tujuannya, sistem yang akan diterapkan nantinya tidak memunculkan permasalahan baru, dan membebani masyarakat.

Dia juga menegaskan saat ini elpiji  3 kg memang rentan untuk diselewengkan saat harga elpiji 12 kg dinaikkan.

Perbedaan harga yang ada di pasar membuat masyarakat beralih ke elpiji 3 kilogram yang lebih murah karena disubsidi pemerintah.

“Realistisnya masalah ini tidak dapat selesai dalam waktu dekat, selama masih ada disparitas harga,” ujarnya.

Sudirman juga menargetkan akhir tahun ini pihaknya sudah dapat menerapkan distribusi tertutup pada penyaluran elpiji 3 kg.

Dengan begitu, pemerintah dapat mencegah kelangkaan produk tersebut, karena banyaknya masyarakat yang melakukan migrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

subsidi lpg 3 kg elpiji 3 kg
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top