Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEN Sarankan DKI Dorong Bangunan Penuhi Listrik Sendiri

Dewan Energi Nasional (DEN) menyarankan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat kebijakan untuk mendorong bangunan-bangunan memenuhi kebutuhan listriknya sendiri tanpa disokong dari pemerintah.n

Bisnis.com, JAKARTA--Dewan Energi Nasional (DEN) menyarankan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat kebijakan untuk mendorong bangunan-bangunan memenuhi kebutuhan listriknya sendiri tanpa disokong dari pemerintah.

Anggota DEN Tumiran mengatakan DKI harus melakukan sebuah terobosan untuk mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil.

Oleh karena itu, pihaknya menyarankan agar setiap bangunan yang berdiri dapat memenuhi kebutuhan listriknya sendiri tanpa bergantung pada pasokan listrik pemerintah.

Caranya, dengan memasang panel surya di masing-masing bangunan. Tingginya pertumbuhan gedung bertingkat dan rumah mewah bisa menjadi alat bagi Pemprov.

"Kita sarankan masyarakat DKI bangun gedung manfaatkan energi matahari," ujarnya usai rapat bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Kamis (26/3/2015).

Adapun, pihaknya siap memberi pendampingan teknis bagi DKI agar dapat menggunakan sumber energi terbarukan. Tujuannya, agar pemanfaatan sumber-sumber energi lebih optimal.

Pasalnya, Jakarta akan menjadi contoh bagi kota lainnya untuk turut menerapkan kebijakan ini. Adapun, kebijakan ini dapat menekan angka ketergantungan terhadap energi yang berasal dari bahan bakar fosil.

"DEN akan membantu secara teknis," katanya.

Seperti diketahui, beban puncak listrik di Jakarta menyentuh angka 7.500 mw pada siang hari dan 6.500 mw di malam hari.

Kendati demikian, pihaknya memperkirakan pertumbuhan beban listrik berkisar antara 6% sampai 8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper