Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HPP Gabah: Pekan Ini Pemerintah Umumkan Penaikan

Pemerintah akan mengumumkan penaikan harga pokok pembelian gabah pekan ini setelah para menteri terkait melaporkan hal itu kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana Bogor Minggu (15/3/2015) malam.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BOGOR - Pemerintah akan mengumumkan penaikan harga pokok pembelian gabah pekan ini setelah para menteri terkait melaporkan hal itu kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana Bogor Minggu (15/3/2015) malam.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan sudah mendapatkan angkanya sehingga tinggal diketok. Tetapi sayangnya Sofyan enggan membocorkan angka HPP gabah tersebut.

"Mungkin dalam minggu ini. Sudah ada harganya kok tinggal diketok," katanya usai mengikuti rapat terbatas bersama sejumlah menteri ekonomi Kabinet Kerja di Istana Bogor.

Presiden, sambung Sofyan mengharapkan penerapan HPP gabah agar Bulog bisa membelinya pada saat panen raya dengan maksud harga tetap stabil. Saat ini harga beli gabah dari petani cukup tinggi sehingga menguntungkan petani.

"Di Bulog kan supaya harga turun. Makanya itu ‎harga yang akan diumumkan itu HPP," ujarnya.

Sebelumnya Jokowi menggelar rapat terbatas di Istana Bogor pukul 18.00 menjelang magrib. Ratas biasanya digelar di Kantor Presiden kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada hari biasa.

Ratas yang berlangsung di Bogor membicarakan harga beras dan fluktuasi nilai tukar rupiah.

Jokowi sempat mengungkapkan kekecewaannya ketika tidak ada satu pun menteri atau pihak terkait yang melaporkan perkembangan harga beras yang meroket akhir bulan kemarin.

Alhasil Jokowi menyuruh utusan untuk mencari data harga beras di lapangan dan memberitahukan data itu kepada menteri yang ikut dalam ratas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper