Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelindo III Tambah Delapan Fixed Crane

Delapan unit alat bongkar muat jenis Fixed Crane mulai berdatangan sejak awal Pebruari 2015 lalu pada tiga lokasi pelabuhan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).nn
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 21 Februari 2015  |  15:56 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Delapan unit alat bongkar muat jenis Fixed Crane mulai berdatangan sejak awal Pebruari 2015 lalu pada tiga lokasi pelabuhan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

BUMN yang bergerak dalam bidang kepelabuhan itu saat ini telah mulai melakukan pemasangan, melakukan komisioning dan pengetesan sebelum dioperasikan.

“Dana yang dibutuhkan untuk mendatangkan alat tersebut mencapai US$10,75 juta atau sekitar Rp105 miliar.  Dari delapan alat itu, empat unit akan ditempatkan di Pelabuhan Gresik, dua unit di Pelabuhan Batulicin, dan dua unit di Pelabuhan Lembar,” kata Edi Priyanto, Kepala Humas PT Pelindo III dalam siaran pers, Sabtu (21/2/2015).

Dia memaparkan peralatan terbaru itu multifungsi, bisa digunakan untuk bongkar muat petikemas, bongkar muat kayu log, dan juga bongkar muat curah kering.

“Di Pelabuhan Lembar misalnya, penyediaan 2 (dua) unit fixed crane guna meningkatkan kinerja bongkar muat dan mengantisipasi peningkatan arus petikemas yang terus meningkat signifikan”, ujar Edi.

Realisasi arus petikemas yang melalui Pelabuhan Lembar pada tahun 2012 tercatat 15.188 TEUs, pada tahun 2013 menjadi 20.389 TEUs dan kembali meningkat hingga 32% pada tahun 2014 yang tercatat 27.080 TEUs.

Sementara penyediaan dua unit fixed crane ditempatkan di Pelabuhan Batulicin untuk menunjang arus petikemas dipelabuhan tersebut.  Sedangkan, empat unit fixed crane lainnya ditempatkan di Pelabuhan Gresik.

 Penyediaan alat bongkar muat di Pelabuhan Gresik sebagai upaya Korporasi dalam meningkatkan kinerja bongkar muat pada pelabuhan yang lokasinya berdekatan dan enjadilimpahan dari Pelabuhan Tanjung Perak.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top