Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JICA Siap Bantu Pengembangan Tol Laut

Japan International Cooperation Agency (JICA) akan membantu pemerintah mengembangkan tol laut sebagai poros maritim di dalam negeri.
Andrinof Chaniago/
Andrinof Chaniago/

Bisnis.com, JAKARTA--Japan International Cooperation Agency (JICA) akan membantu pemerintah mengembangkan tol laut sebagai poros maritim di dalam negeri.

Andrinof Chaniago, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, mengatakan JICA sangat mendukung rencana pemerintah yang sudah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN), seperti pengembangan poros maritim.

"Intinya mereka mendukung program prioritas yang sudah dibuat pemerintah, seperti pembangunan tol laut," katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Meski belum membicarakan proyek dan komitmen investasi secara detil, Andrinof menuturkan kedatangan President of JICA tersebut untuk menunjukkan komitmen dari lembaga donor Jepang tersebut terhadap pembangunan di dalam negeri.

Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan, mengatakan kedatangan JICA bertujuan untuk mengetahui arah pembangunan nasional. "JICA ingin tahu direction dari Indonesia, udah gitu aja," ujarnya.

President JICA Akihiko Tanaka mengatakan bantuan dan kerja sama yang dilakukan lembaganya dengan pemerintah Indonesia akan disesuaikan dengan RPJMN.

"Kami menyatakan komitmen bahwa ke depannya bantuan dan kerja sama yang JICA berikan kepada Pemerintah Indonesia akan sejalan dengan RPJMN yang sudah dicanangkan," katanya.

Menurutnya, JICA tertarik dengan proyek-proyek untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, seperti pengembangan mass rapid trasit (MRT) yang saat ini digarap bersama badan usaha milik daerah DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper