Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPD Berharap Kemenperin Siapkan Daerah Hadapi MEA

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meminta Kementerian Perindustrian pastikan industri di wilayah seluruh Indonesia siap hadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

Bisnis.com, JAKARTA- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meminta Kementerian Perindustrian pastikan industri di wilayah seluruh Indonesia siap hadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

Seruan tersebut tertuang dalam rapat DPD RI bersama Kementerian Perindustrian bertajuk Rencana Program Kerja Kemenperin 2015, Jumat (6/2).

Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba mengatakan pelaksanaan MEA dipengujung tahun ini harus bisa dinikmati oleh dunia usaha di seluruh Indonesia.

"Apakah Kemenperin sudah memastikan daerah mana saja yang siap menghadapi MEA. Sebab, penyokong perekonomian Indonesia, berasal dari kontribusi daerah-daerah," tuturnya, Jumat (6/2/2015).

Selain meminta Kemenperin menyiapkan mental daerah menuju MEA, Komite II DPD mendesak kementerian pembina untuk mempercepat pembangunan 13 kawasan industri di luar Pulau Jawa.

Menurutnya, setelah 13 kawasan masuk dalam program Quick Wins Kemenperin, jajaran kawasan industri lainnya juga masuk dalam prioritas kerja.

Pada saat yang sama, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan persiapan industri manufaktur di daerah telah diupayakan, hanya saja masih ada yang mengkhawatirkan, yaitu sektor jasa.

"Tenaga kerja, maupun SDM yang perlu kita tingkatkan kualitasnya. Kalau produk industri saya pikir sudah bisa bersaing," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper