Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Ingin Pastikan Lahan Smelter Freeport di Papua

Pemerintah ingin memastikan lahan yang telah disediakan pemerintah daerah untuk membangun pabrik pengolahan atau smelter yang dapat mengolah hasil tambang PT Freeport Indonesia.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 04 Februari 2015  |  14:40 WIB
PT Freeport Indonesia - Antara
PT Freeport Indonesia - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah ingin memastikan lahan yang telah disediakan pemerintah daerah untuk membangun pabrik pengolahan atau smelter yang dapat mengolah hasil tambang PT Freeport Indonesia.

Sudirman Said, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan dirinya akan memastikan lahan yang disediakan pemerintah daerah di Papua, agar dapat menentukan sikap terkait pembangunan smelter yang dapat mengolah hasil tambang Freeport.

"Dalam satu atau dua minggu ini saya akan ke lokasi lahan yang disediakan untuk melihatnya, karena pemerintah daerah menjelaskan mereka sudah siap dengan alternatif lokasi di Papua," katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Sudirman menuturkan pemerintah akan berdiskusi dengan Freeport dan seluruh kepala daerah di Papua untuk memastikan usulan tersebut. Pasalnya, saat ini pemerintah sedang melakukan negosiasi terkait pembangunan smelter dan larangan ekspor bahan mentah hasil tambang atau ore.

Menurutnya, pemerintah juga harus memastikan Freeport terus beroperasi,mkarena terkait langsung dengan kegiatan investasi dan lapangan pekerjaan yang telah diciptakan.
"Tentu kami juga tidak boleh menyimpang dari aturan.mmakanya tugas pemerintah saat ini adalah mencari keseimbangan dari dua sisi tersebut," ujarnya.

Sebelumnya Sudirman Said mengatakan pemerintah harus memberikan kompensasi lebih jika ingin Freeport membangun smelter di Papua. Alasannya, pengembangan infrastruktur dan sarana pendukung industri tersebut tidak dapat dilakukan dengan singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Freeport smetler
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top