Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELANG MEA 2015: Pencitraan & Pengemasan Itu Kunci Sukses

Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menuturkan program utama yang dijalankan instansinya adalah fokus untuk membangun citra (branding) dan kemasan (packaging) produk kreatif dalam negeri. Dua hal ini menjadi kunci sukses berkompetisi di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf/Twitter
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menuturkan program utama yang dijalankan instansinya adalah fokus untuk membangun citra (branding) dan kemasan (packaging) produk kreatif dalam negeri. Dua hal ini menjadi kunci sukses berkompetisi di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015

"Kualitas produk kreatif buatan dalam negeri sebenarnya sangat bagus. Sayangnya, kemasan dan brandingnya masih kurang. Mau sebagus apapun produknya, kalau tampilannya tidak menarik orang tak akan melirik," ujarnya dalam konferensi pers dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Rabu (4/2/2015).

Ayah penyayi pop Sherina Munaf ini mengatakan untuk membangun kemasan dan branding, dirinya akan mencontoh Jepang. Menurutnya, pelaku usaha dari Negeri Matahari Terbit tersebut tahu betul caranya membungkus aneka produk dengan tampilan yang memanjakan mata.

"Kualitas produk kita sebenarnya tak kalah dengan yang diproduksi Jepang. Namun, mereka itu sangat pintar mengemas dan mempromosikan produk sehingga pasar suka. Fokus saya dalam jangka pendek akan perbaiki kemasan produk dari sektor industri kreatif," paparnya.

Selain meningkatkan pemasaran, dia mengatakan perbaikan kemasan juga dibutuhkan oleh pelaku usaha menjelang dibukanya Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir 2015 nanti.

"Kita harus bisa lari cepat untuk meningkatkan daya saing. Kunci utamanya memang memaksimalkan kemampuan agar daya saing produk lokal juga bisa tinggi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper