Pengiriman TKI Asal Jakarta Menurun Tajam

Penematan TKI sektor penata rumah tangga yang berasal (PLRT) dari DKI Jakarta tercatat mengalami penurunan sepanjang 2014.nn
Tegar Arief | 02 Februari 2015 21:30 WIB
TKI - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Penematan TKI sektor penata rumah tangga yang berasal (PLRT) dari DKI Jakarta tercatat mengalami penurunan sepanjang 2014.

Berdasarkan data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), tahun lalu total TKI  PLRT yang ditempatkan sebanyak 3.995 orang. Angka ini menurun drastis dibanding tahun 2013 yang mencapai 8.127 orang.

"TKI PLRT dari Jakarta menurun drastis lebih dari 50%," kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jakarta, Gatot Hermawan, Senin (2/2/2015).

Kendati berstatus Ibu Kota negara, Jakarta juga dikenal sebagai salah satu kantong penyuplai TKI. Adapun TKI informal dari Jakarta itu mayoritas berasal dari Jakarta Utara.

"Desakan kebutuhan hidup yang tinggi di ibukota dan sulitnya mencari kerja merupakan alternatif para perempuan dari Jakarta ini mencari alternatif pekerjaan di luar negeri," ujarnya.

Tag : TKI, bnp2tki
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top