Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOL MANADO BITUNG: Pembebasan Lahan Seksi II Tunggu Dana APBN

Pembebasan lahan tol Mando Bitung seksi II sepanjang 25,5 km diharapkan segera selesai jika anggaran dana APBN yang disalurkan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengucur.
Farodlilah Muqoddam
Farodlilah Muqoddam - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  06:27 WIB
Pembebasan lahan tol Mando Bitung seksi II tunggu dana APBN - ilustrasi
Pembebasan lahan tol Mando Bitung seksi II tunggu dana APBN - ilustrasi

Bisnis.com, MANADO - Pembebasan lahan tol Mando Bitung seksi II sepanjang 25,5 km diharapkan segera selesai jika anggaran dana APBN yang disalurkan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengucur.

John W.T. Lengkey, Ketua Satuan Tugas Pembebasan Tanah Tol Manado Bitung, mengatakan dibutuhkan dana sekitar Rp650 miliar untuk membebaskan lahan sepanjang 25,5 km dari Airmadidi hingga ke kawasan pelabuhan Bitung.

Rata-rata biaya pembebasan lahan adalah Rp250.000-Rp1 juta permeter persegi, tergantung lokasi dan penggunaan lahan.

“Karena jalurnya lebih banyak melewati area perkebunan sehingga dana yang dibutuhkan relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan biaya pembebasan lahan jalur tol seksi I,” katanya saat ditemui Bisnis, Rabu (28/1/2015).

Kucuran dana pembebasan lahan, menurut John, sangat diperlukan untuk menarik calon investor agar mengikuti proses lelang investasi. Proses lelang akan dimulai jika setidaknya 75% lahan telah dibebaskan.

Saat ini, lanjutnya, proses pembebasan tanah telah rampung hingga ruas kedua seksi I sepanjang 7 km yang dibiayai oleh APBD Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara senilai sekitar Rp220 miliar.

Ruas ketiga seksi I sepanjang 6,5 km akan segera selesai dalam waktu dekat, karena anggaran APBD Pemprov senilai Rp250 miliar telah disiapkan. Saat ini, proses pembebasan lahan telah memasuki tahap akhir yakni penyesuaian pintu tol dengan jalan lokal yang telah dibangun oleh pemerintah daerah.

Biaya pembebasan lahan untuk seksi I jalan tol Manado Bitung sepanjang 13,5 km dibebankan kepada pemerintah daerah, sedangkan sisanya yakni jalur sepanjang 25,5 ditanggung oleh pemerintah pusat melalui dana APBN.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembebasan lahan tol manado-bitung
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top