Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha Usul Modal Ventura untuk IKM

Pelaku usaha pribumi mengusulkan pemerintah mendukung pengadaan modal ventura untuk membantu permodalan pebisnis skala kecil dan menengah senilai Rp30 miliar untuk tahap awal.n
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 23 Januari 2015  |  11:24 WIB
Industri Kecil MenengahAntara
Industri Kecil MenengahAntara

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku usaha pribumi mengusulkan pemerintah mendukung pengadaan modal ventura untuk membantu permodalan pebisnis skala kecil dan menengah senilai Rp30 miliar untuk tahap awal.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Suryani Sidik Motik mengatakan dukungan pendanaan dari perbankan sukar diakses oleh industri kecil dan menengah (IKM). Oleh karena itu perlu dibuat skema khusus, seperti melalui kehadiran modal ventura.

"Bank susah kasih pendanaan maka seharusnya ada lembaga keuangan sendiri yang bisa masuk bersifat private equity. Kita belum ada yang seperti ini," tuturnya.

Modal ventura merupakan salah satu bentuk pembiayaan dari suatu perusahaan kepada mitra usaha melalui penyertaan modal dalam periode tertentu. Dana ventura mengelola penanaman modal dari investor untuk membenamkan kapital di perusahaan beresiko tinggi yang sulit mendapat akses kredit dari bank, seperti IKM.

Gagasan mengenai modal ventura ini disampaikan Hippi kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin), di Jakarta, Kamis (22/1/2015) sore. Skema pendanaan dari angel investor seperti ini diharapkan bisa mendongkrak daya saing IKM di pasar global.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal ventura ikm hippi
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top